Perubahan cuaca ekstrim yang memicu terjadinya angin kencang dan gelombang pasang di pesisir Pantai Garut Selatan, aparat keamanan Polres Garut bergerak cepat mengarahkan sejumlah personelnya melakukan pemantauan di Pantai Rancabuaya Kecamatan Caringin Kabupaten Garut sejak kemarin.

Kondisi perahu nelayan pasca diterjang gelombang pasang di Pantai Rancabuaya Caringin Garut (Foto : Istimewa)

Kasat Polairud Polres Garut AKP Anang  menyampaikan, untuk mengantisipasi bencana alam gelombang tinggi, pihaknya mengintensifkan jajarannya untuk melakukan patroli diwilayah teritorial Pantai Selatan Garut.

"Patroli di lakukan menyasar seluruh aktivitas masyarakat di area pantai, termasuk diantaranya adalah para nelayan dan pengunjung wisata di sejumlah destinasi wisata pantai," katanya, Kamis (14/3/2024).

Ia mengungkapkan, pasca gelombang pasang setinggi 3 hingga 4 meter dan disertai angin kencang yang terjadi kemarin, telah menghancurkan sejumlah perahu nelayan dan juga bangunan milik warga yang berada di pesisir pantai Rancabuaya.

"Bangunan-bangunan yang berada di pinggir pantai mengalami kerusakan. Banyak perahu-perahu nelayan yang rusak dan bahkan hancur akibat gelombang tinggi," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa ditemukannya sampah-sampah yang dibawa oleh ombak berserakan di sepanjang pesisir pantai.

"Kami juga tidak hanya melakukan patroli, tetapi juga menyampaikan himbauan kepada para nelayan dan wisatawan untuk selalu waspada dan berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.(*)