KPU Kota Tangerang melakukan evaluasi kinerja jajaran ad-hoc di bawahnya mulai dari PPS hingga PPK menjelang perhelatan Pilkada. Hal itu agar perhelatan pesta demokrasi tingkat daerah tidak carut marut seperti pelaksanaan Pemilu 2014, kemarin.

Foto ilustrasi : Pilkada Serentak 2024

Ketua KPU Kota Tangerang, Qori Ayatullah mengatakan evaluasi kinerja dilakukan sebagai upaya agar tahapan Pilkada bisa maksimal. “Jelang Pilkada kota/kabupaten serta provinsi pascaPemilu presiden dan legislatif tentunya evaluasi," ujarnya, Sabtu (30/3/2024).

Evaluasi ini, sambung Qori, sebagai catatan apa saja yang menjadi hambatan dan kekurangan yang terjadi dalam proses Pemilu, kemarin. Alhasil, pada proses Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan tertib.

Meskipun, lanjutnya, pada saat pemungutan suara, terdapat kendala dimana ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus ditunda akibat banjir yang sempat melanda di wilayah Kota Tangerang. Bahkan ada yang diulang akibat kertas suara tertukar.

“Meski ada beberapa TPS yang harus melakukan pemungutan suara susulan, namun tidak menghalangi jadwal perhitungan suara. Bahkan pada rapat pleno di Provinsi Banten, Kota Tangerang yang paling cepat menyelesaikan perhitungan suara tanpa adanya kendala,” kata Qori.

Diketahui rapat evaluasi dihadiri PPK, PPS.dari 13 kecamatan di Kota Tangerang. Acaranya dilaksanakan di Ballroom Novotel Hotel Kota Tangerang.(*)