Mudik gratis dengan menggunakan Kereta Api (KA) dibuka untuk warga, dalam rangka membantu masyarakat bersilaturahim ke kampung halaman. Mudik gratis dilakukan, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan menyediakan 480 tiket gratis.

KAI Berikan 480 Tiket Mudik Gratis, Ini Syaratnya

“Mudik gratis dengan menyediakan 480 tiket gratis. KA Tawangjaya Premium kelas ekonomi relasi Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng, keberangkatan tanggal 2 April 2024,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam pesan singkatnya, Selasa (26/3/2024).

Mudik gratis ini, kata ia, KAI laksanakan dalam rangka mendukung program Mudik Asyik BUMN. Tahun 2024 yang merupakan agenda rutin BUMN, sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia

Program ini terbuka untuk seluruh masyarakat dengan syarat wajib memiliki KTP atau tercatat dalam Kartu Keluarga yang masih berlaku. “Pendaftaran dapat dilakukan tanggal 25-26 Maret 2024 di Stasiun Pasarsenen pukul 09.00-16.00 WIB,” katanya.

Di samping itu, pemesanan dapat pula dilakukan secara online tanpa, harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. “(pendaftaran) melalui aplikasi Access by KAI mulai tanggal 26 Maret 2024 pukul 14.00 WIB. Pemesanan di Access by KAI dilakukan dengan cara memilih relasi Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng (relasi parsial) di antara kedua stasiun,” kata Joni.

KAI memberikan ketentuan untuk mudik gratis ini yaitu 1 pemesan dibatasi hanya boleh memesan maksimum 4 tiket. Adapun 1 orang peserta mudik, membawa 1 infant (bayi berusia di bawah 3 tahun), tanpa mengurangi kuota peserta.

“Diharapkan Masyarakat, memanfaatkan mudik gratis, agar dapat semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mudik Lebaran dengan kereta. Sehingga kereta api tetap menjadi pilihan utama perjalanan mudik masyarakat dengan ceria dan penuh makna,” ucapnya.(*)