Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau jalur mudik Idulfitri 2024 di Jawa Barat. Irjen Aan memastikan pengelolaan arus lalu lintas pada saat puncak arus mudik dan balik.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan bersama Menteri Perhubungan Budi

"Supaya dapat menghindari titik-titik krusial yang ada di Gerbang Tol Cisumdawu. Ada beberapa tadi kami tinjau, pertama adalah Gerbang Tol Cisumdawu Utama," kata Irjen Aan dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2024).

Sebab, kata dia, ada arus yang datang dari Bandung akan bertemu di Tol Cipali Kilometer (KM) 152. "Di Cipali ini akan terjadi bottle nack," kata Irjen Aan.

Dia juga mengatakan, dari Cisumdawu ada dua lajur dan bertemu di Cipali, juga ada dua lajur. "Sehingga, ini akan menjadi empat," ucap dia. 

Pertemuan lajur tersebut dikatakannya perlu dipastikan dapat berjalan tetap lancar. "Sehingga, perlambatan bisa dikurangi," kata dia. 

Irjen AAn juga menerangkan, lokasi krusial yang masih sering terjadi kecelakaan dan menjadi perhatian hingga sekarang.  "Yaitu, pada KM 188 Gerbang Tol Palimananan," kata dia.

"Sehingga, harus tetap lancar untuk kecelakaan juga bisa kami tekan." Menhub Budi mengatakan, dengan adanya tinjauan diharapkan arus mudik-balik Idulfitri 2024 berjalan lancar dan tidak ada hambatan. 

"Mudik ini harus lancar, enggak ada masalah. Biasanya, mudik itu akan lancar kalau kami berkolaborasi," ujar Budi.

"Kami bersama Kakorlantas di KM 188 Cipali untuk memastikan nanti mudik berjalan dengan baik, lancar, aman, dan nyaman. Saya melihat bahwa kolaborasi kami berjalan dengan baik, dan semoga apa yang kami laksanakan berjalan dengan lancar.

Sebelumnya, Irjen Aan telah melakukan survei kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Tol Trans Jawa. Termasuk, meninjau kesiapan Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.