Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan aksi bersih negeri serentak di seluruh Indonesia dengan tema "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif".

Kabupaten Karawang dipilih sebagai tuan rumah untuk peluncuran aksi bersih negeri serentak yang akan berlangsung pada Jumat, 8 Maret 2024, di Lapangan Karang Pawitan Karawang.

Acara peluncuran ini akan dihadiri oleh Menteri KLHK RI, Pj. Gubernur Jawa Barat, 7 duta besar negara sahabat, Dirjen PSL B3, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jawa Barat, Bupati Karawang, serta berbagai organisasi dan komunitas pecinta lingkungan.
Foto : Kepala Dinas DLHK Karawang, Drs. Iwan Ridwan

Kepala Dinas DLHK Karawang, Drs. Iwan Ridwan, menjelaskan bahwa peringatan HPSN tahun 2024 akan dilaksanakan selama dua bulan, yaitu Februari dan Maret.

Launching aksi bersih negeri serentak di Kabupaten Karawang akan menjadi momentum penting, dengan dilaksanakannya gerakan pembersihan sampah serentak di seluruh wilayah pada tanggal 8 Maret 2024.

Menteri KLHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, akan membuka secara resmi aksi bersih negeri serentak melalui video conference, yang diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Aksi bersih negeri serentak akan melibatkan berbagai kegiatan, termasuk pemungutan sampah, penyortiran sesuai jenis, penimbangan, pengangkutan sampah, penanaman pohon, dan wawancara langsung dengan Menteri KLHK RI melalui video conference.

Iwan menegaskan bahwa Kabupaten Karawang siap menjadi tuan rumah HPSN 2024. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk koordinasi dengan berbagai OPD dan stakeholder di Karawang. Stand UMKM juga akan dibuka oleh Dinas Koperasi Karawang dalam acara tersebut.

Dia berharap bahwa melalui aksi bersih negeri serentak ini, pengelolaan sampah di Karawang akan semakin baik, dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan akan meningkat. (*)