Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan pemantauan media massa bidang politik hukum dan keamanan Kamis (8/3/2024). 

Dalam pemantauan itu, anggota KPU Idham Kholik berada di tempat teratas yang banyak ditulis media massa dengan jumlah 1.749 berita. 

Idham Kholik mengalahkan Capres 02 Prabowo Subianto dengan 1.346 berita dan angggota DPR Ahmad Sahroni dengan 769 berita. secara keseluruhan tercatat, ada sebanyak 6.722 berita dari 1.339 media online. 

Foto : Idham Kholik

Sedangkan untuk sentimen berita, untuk sentimen positif sebanyak 25,87 persen. Kemudian, sentimen negatif sebanyak 26,35 persen dan sentimen netral  sebanyak 47,78 persen.

Salah satu berita dengan sentimen positif yaitu, KPU RI membentuk tim penyelesaian sengketa/perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di MK. Yakni PHPU untuk Pemilu presiden/wakil presiden (pilpres) dan pemilu anggota legislatif (pileg).

Sedangkan  berita dengan sentimen negatif yaitu, Partai Buruh menyoroti dugaan penggelembungan suara yang tidak wajar untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kecurigaan adanya ketidakberesan dalam aplikasi Sirekap KPU, semakin sulit ditutupi.

Berkaitan sosok  anggota KPU Idham Kholik, ia adalah salah satu putra terbaik kelahiran Karawang, tepatnya ia terlahirkan di sebuah Kecamatan paling utara yakni Kecamatan Batujaya.

Idham Holik terpilih sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2022-2027. 

Ia ditetapkan sebagai komisioner KPU terpilih setelah dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang digelar Komisi II DPR, Rabu (16/2/2022). 

Selain Idham, enam orang yang ditetapkan sebagai komisioner KPU RI yakni Hasyim Asyari, Mochammad Afifuddin, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, dan August Mellaz.


Idham pernah menjabat sebagai komisioner KPU Provinsi Jawa Barat. Ia memimpin divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyarakat. 

Idham bukanlah sosok baru di bidang kepemiluan. Selama 15 tahun yakni 2003-2018, ia menjabat sebagai komisioner KPU Kabupaten Bekasi. Dalam perjalanannya, selama 2013-2018 ia dipercaya sebagai ketua kpu kabupaten tersebut.

Idham menyelesaikan studi S1 di Universitas Islam (Unisma) 45 Bekasi. Sedangkan gelar magister dan doktor ia peroleh dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Indonesia. Semasa mahasiswa Idham aktif di Himpinan Mahasiswa Islam (HMI).

Idham Holik pernah mendadak menjadi buah bibir di Kabupaten Karawang. Pasalnya, Idham Holik putra asli Karawang terpilih menjadi anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2022-2027 yang diresmikan Presiden Jokowi. 

Meski bukan pendatang baru di lingkungan KPU, namun terpilihnya Idham Holik ke tingkat nasional sebagai Komisioner KPU Pusat sempat mengagetkan.

Pria kelahiran Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Karawang ini mengaku bahagia karena kariernya tembus ketingkat nasional. Sebagai anak dari seorang petani Karawang dia bangga capaiannya itu.

Idham Holik atau sering disapa Idham ini lahir pada 2 Maret 1977 di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya Karawang. Dari sebuah desa yang dikenal memiliki kawasan percandian Batujaya ini, Idham kecil mulai bersekolah di SDN Segaran II juga di Madrasah Ibtidaiyah dari tahun 1980 hingga 1990. Lalu berlanjut tingkat SMP di Madrasan Tsanawiyah Segaran tahun 1990 sampai 1993.

Idham merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Kedua orang tuanya diakuinya sebagai petani juga PNS di Karawang.

Idham melanjutkannya kuliah di Universitas Islam 45 di Bekasi dan lulus S1 jurusan manajemen fakultas ekonomi tahun 1996 sampai 2000 dan lanjut S2 di Universitas Indonesia (UI) Jakarta dan mengambil magister ilmu komunikasi tahun 2002 sampai 2004 (*)