Foto ilustrasi lari pagi
Tak terasa Ramadan telah memasuki pertengahan bulan. Selama satu bulan penuh umat Muslim diwajibkan menahan lapar dan dahaga lalu memperbanyak ibadah sepanjang hari.

Untuk itu tubuh membutuhkan beberapa perhatian khusus guna menjaga tubuh tetap sehat dan prima di Ramadan. Dikutip dari laman resmi Kemenkes, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap bisa fit menjalankan ibadah puasa.

1. Makan sayur yang cukup

Sahur jadi kunci penting untuk tetap menjaga tubuh tetap fit saat menjalankan ibadah puasa seharian. Maka dari itu, kita perlu memperbanyak konsumsi makan makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur.

Hindari juga makanan yang tinggi minyak. Karena ini hanya akan membuat pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan kantuk di siang hari.

2. Perhatikan pola makan saat berbuka

Makan makanan yang banyak saat berbuka puasa ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena ini akan membuat perut jadi sesak. Konsumsilah makanan saat berbuka dengan secukupnya dan biasakan untuk mengawalinya dengan air putih.

3. Jaga pola makan malam

Tak bisa dipungkiri makan secara berlebihan saat malam hari berpotensi mengalami obesitas. Hindari juga konsumsi kopi dan soda yang akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak di tubuh.

4. Lakukan aktivitas fisik sejenak

Meski tengah berpuasa, melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sangatlah penting. Hal ini dapat menjaga kebugaran tubuh tetap stabil.

5. Menjaga pola tidur

Karena adanya aktivitas sahur dan beribadah pada malam hari tak jarang pola tidur menjadi berubah. Maka dari itu hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tak terlalu penting.

Demikian beberapa tips jitu agar tubuh tetap sehat dan prima selama bulan Ramadan. Selamat hidup sehat dalam dalam berpuasa.(*)