Breaking News
---

Pemerintah Prediksi Idulfitri Tidak Ada Perbedaan Tanggal

Deputi 6 Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Warsito mengatakan, kemungkinan besar Idulfitri di Indonesia akan sama harinya. Artinya kemungkinan, tidak ada perbedaan tanggal Hari Raya Idulfitri 2024 untuk umat muslim Indonesia. 

Foto ucapan selamat Idul Fitri

"Kemungkinannya insya Allah kalau tidak ada halangan, kemungkinannya Idulfitri akan bersamaan seluruh warga muslim Indonesia. Namun, nanti tetap menunggu hasil sidang isbat pada akhir Ramadan," kata Warsito, Minggu (17/3/2024). 

Warsito juga meminta Kementerian Agama untuk memastikan tempat ibadah untuk salat Idulfitri memadai. Serta membuat ketentuan-ketentuan dalam isi khotbah salat Idulfitri. 

"Memastikan kesiapan rumah ibadah dalam hal ini masjid atau lapangan atau gedung pertemuan yang nantinya digunakan untuk perayaan salat Hari Raya Idulfitri. Kepada Kemenag kami juga memastikan agar teks khutbah harus ada semacam rambu-rambu supaya tidak sensitif karena ini masih dalam suasana Pemilu," ucap Warsito. 

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Agama RI menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada Selasa, 12 Maret 2024. Namun, hasil penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah masih akan diumumkan akhir Ramadan. 

Sementara itu Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadan bertepatan 11 Maret 2024. Kemudian penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah versi Muhammadiyah jatuh pada 11 April 2024. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan