Breaking News
---

Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dimulai, Begini Caranya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau, masyarakat segera mendaftar program mudik gratis dengan moda bus dapat mengunduh aplikasi 'MitraDarat'. Aplikasi tersebut bisa diunduh masyarakat yang ingin mudik lebaran, di PlayStore atau AppStore.

Foto : Cara Daftar Mudik Gratis

Masa pendaftaran mudik gratis 2024 Kemenhub tersebut, dapat dilakukan mulai 6 Maret-3 April 2024. Kemenhub mengharapkan, kuota yang disediakan Kemenhub dapat terpenuhi seluruhnya.

“Adapun syarat dan ketentuan Mudik Gartis Tahun 2024 antara lain pendaftaran secara online, melalui aplikasi mobile 'MitraDarat'. Peserta juga wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP)," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam keterangan persnya, di Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Hendro mengatakan, peserta mudik gratis hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik. Pada aplikasi MitraDarat, calon pemudik nantinya melakukan login pada aplikasi dengan memasukkan email/akun Google.

"Selanjutnya masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta. Jika login berhasil, nanti muncul halaman utama aplikasi MitraDarat dan pilih tab 'event' untuk lihat menu Mudik Gratis," ucap Hendro.


Bila peserta mudik gratis akan mengikuti mudik-balik (PP), kata Hendro, maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan. Yakni, pada saat mendaftar arus mudik, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih.

"Bagi peserta diberikan waktu H+5 (lima) setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan. Apabila lewat H+5 (lima) peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah)," ujar Hendro.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan