Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan Presiden usai memimpin Rapat Terbatas Internal di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (4/3/2024). 

Presiden Jokowi

"Tidak naik," ujar Presiden singkat. Jawaban singkat Presiden ini disampaikannya saat mendapat pertanyaan awak media mengenai potensi kenaikan harga harga BBM. 

Bahkan Presiden menjelaskan, yang akan memberi penjelasan mengenai harga BBM adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Selain Airlangga, pihak yang juga dapat memberi penjelasan terkait hal ini adalah Direksi Pertamina. 

"BBM nanti biar Pak Menko yang menyampaikan. Atau dari Pertamina yang menyampaikan," kata Presiden. 

Sebelumnya, Menko Airlangga menyatakan, pemerintah telah memutuskan untuk tidak menaikkan tarif listrik dan harga BBM hingga Juni 2024. Dengan demikian, makan pemerintah akan kembali menyalurkan belanja subsidi untuk memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat. 

“Tadi diputuskan dalam sidang kabinet paripurna, tidak ada kenaikan listrik, tidak ada kenaikan BBM sampai dengan Juni. Baik itu subisdi dan non-subsidi,” kata Airlangga kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (26/2/2024). 

Untuk memenuhi kebijakan ini, Airlangga menekankan pemerintah membutuhkan tambahan anggaran bagi PT Pertamina maupun PT PLN. Pemerintah, lanjutnya, juga berencana melebarkan defisit APBN 2024 untuk memenuhi kebutuhan anggaran ini.(*)