Calon Presiden Prabowo Subianto mendapat ucapan selamat dari Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Presiden Jinping mengucapkan selamat karena Prabowo memenangi Pemilihan Presiden 2024. 

Foto : Presiden Xi Jinping

Ucapan disampaikan melalui surat resmi yang diantar Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Lu Kang. Lu Kang menemui Prabowo di kantor Kementerian Pertahanan, Kamis (21/3/2024). 

"Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia," ujar Presiden Jinping kepada Prabowo melalui suratnya. Presiden Jinping mengatakan, Tiongkok dan Indonesia memiliki sejarah baik dalam upaya mempercepat perkembangan hubungan bilateral. 

"Hubungan Tiongkok dan Indonesia sangat penting, saya siap bekerja sama dengan Anda. Untuk mengarahkan pembangunan komunitas Tiongkok-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan lebih besar," ujar Presiden Jinping. 

Pria yang akrab disapa Xi itu berharap, hubungan kedua negara tetap terjaga baik selama Prabowo resmi menjabat Presiden RI. Dalam suratnya, Presiden Jinping juga berharap, Prabowo dapat membawa kemakmuran untuk rakyat Indonesia. 

Sebelumnya, Prabowo juga sudah mendapat ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony J Blinken. Dengan terpilihnya Prabowo, Blinken berharap kerja sama bilateral akan terus terjalin dengan baik. (*)