Breaking News
---

Rekor Muri, Kemenag Bagikan Jutaan Paket Bantuan Ramadan

 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia kembali menggelar pemberian santunan kepada masyarakat yang membutuhkan di Ramadan. Agenda santunan ini dibalut dalam acara Festival Ramadan yang menjadi acara tahunan Kemenag.

Rekor Muri, Kemenag Bagikan Jutaan Paket Bantuan Ramadan

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, pihaknya berhasil mengumpulkan sekitar Rp300 miliar untuk 1,5 juta paket yang dibagikan. Nantinya 1,5 juta paket yang sudah terkumpul akan dibagikan ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

"Festival Ramadan memang rutin kami selenggarakan dan akan terus kami tingkatkan kolaborasinya. Alhamdulillah tahun ini bertambah terus partisipasinya dengan melibatkan semua stakeholder, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan pihak swasta," kata Wamenag Saiful di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Selain memberikan santunan, Wamenag mengatakan, Festival Ramadan juga menjadi pengingat masyarakat akan pentingnya berzakat. Kolaborasi dengan lembaga zakat juga swasta, diharapkan mampu menyerap potensi zakat di Indonesia lebih besar lagi.

"Zakat ini potensinya ada sekitar 327 triliun yang bisa kembangkan per tahunnya, dan tahun ini baru terserap 40 triliun-an. Kolaborasi ini bisa melahirkan sebuah tata kelola zakat yang semakin baik lagi, dengan baik dan terpercaya InsyaAllah potensi zakat akan tergali lebih tinggi lagi," ujar Saiful.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin berujar, kegiatan Festival Ramadan menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia adalah orang-orang dermawan. Karena, katanya, tak perlu waktu lama untuk mengumpulkan uang santunan yang hampir mencapai Rp300 miliar itu.

"Ini kolaborasi semua pihak, swasta , lembaga zakat, kanwil Kemenag seluruh Indonesia, dan ini menunjukkan bahwa Indonesia terbukti sebagai bangsa yang sangat dermawan. Jadi satu paket itu harganya sekitar 150-200 ribu, kira-kira sekitar Rp300 miliar yang terkumpul dalam waktu singkat," ucap Kamaruddin Amin.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Waryono Abdul Ghafur mengatakan, bantuan dibagikan secara serentak melalui hybrid pada hari ini. Kegiatan ini, kata Waryono, didaftarkan pada Rekor MURI Indonesia dengan target satu juta paket bantuan Ramadan. 

"Penyaluran bantuan ini kami lakukan secara serentak dan ditampilkan melalui siaran langsung video conference. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid di berbagai wilayah Kanwil Kemenag, BAZNAS, dan LAZ seluruh provinsi dan kab/kota," ujar Waryono. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan