Maverick Vinales berhasil menjuarai sprint race MotoGP Portugal 2024. Pembalap Aprillia Racing ini finis terdepan dalam balapan 12 putaran di Portimao, Sabtu (23/3/2024) malam WIB.

Vinales Akhiri Puasa Kemenangan

Vinales meraih kemenangan ini dalam keadaan terserang penyakit gastroenteritis alias radang usus dan lambung. Meski turun berat badan 2,5 kg, Vinales tetap sukses mengakhiri puasa kemenangan sejak MotoGP Qatar 2021.

Pembalap asal Spanyol ini diikuti oleh pembalap GresinI Racing, Marc Marquez, di posisi kedua. Sementara pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin, di posisi ketiga.

Persaingan ketat terjadi selepas start balapan, beberapa pebalap berupaya masuk ke posisi terdepan. Miller memimpin selepas lap pertama diikuti Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, dan Marc Marquez.

Bagnaia sukses menyalip Miller di tikungan terakhir sebelum masuk lap ketiga untuk menguasai posisi terdepan. Marc Marquez kemudian sukses menyalip ke posisi ketiga melewati Vinales.

Marquez tak cukup menyalip Vinales, karena dia menyerang Miller untuk naik ke posisi kedua. Marquez kemudian terus menguntit Bagnaia mulai dari lap keempat dengan selisih sekitar 0,5 detik.

Memasuki lap keenam, Bagnaia berhasil menciptakan selisih di atas 1 detik dari Vinales yang berusaha memburunya. Marc Marquez sendiri kemudian malah bisa disalip oleh Jorge Martin sehingga melorot ke posisi keempat pada lap ketujuh.

Jorge Martin yang sedang mencatat lap tercepat kemudian bisa membayangi Vinales dan hanya berjarak 0,1 detik. Memasuki lap kesembilan, Bagnaia melakukan kesalahan fatal saat ia sempat kehilangan keseimbangan di tikungan pertama.

Kesalahan tersebut membuat Vinales jadi pembalap terdepan diikuti oleh Jorge Martin dan Marc Marquez. Bagnaia terlempar ke posisi keempat dengan selisih 1,7 detik.

Vinales berhasil mempertahankan keunggulannya hingga bendera finis berkibar. Sementara, Marquez sukses menyalip Martin pada lap terakhir untuk mengamankan podium kedua.

Melengkapi posisi lima besar adalah Bagnaia dan Miller. Bastianini, Acosta, Aleix Espargaro, Quartararo, dan Raul Fernandez berada di posisi keenam hingga kesepuluh.

Berikut hasil Sprint race MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Algarve, Portimao:

1. Maverick Vinales - Aprilia Racing - Aprilia
2. Marc Marquez - Gresini Racing - Ducati
3. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati
4. Pecco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati
5. Jack Miller - Red Bull KTM Factory Racing - KTM
6. Enea Bastianini - Ducati Lenovo Team - Ducati
7. Pedro Acosta - Red Bull GASGAS Tech 3 - KTM
8. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia
9. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha - Yamaha
10. Raul Fernandez - Trackhouse Racing - Aprilia
11. Marco Bezzecchi - Pertamina Enduro VR46 Racing Team - Ducati
12. Miguel Oliveira - Trackhouse Racing - Aprilia
13. Alex Marquez - Gresini Racing - Ducati
14. Joan Mir - Repsol Honda - Honda
15. Augusto Fernandez - Red Bull GASGAS Tech 3 - KTM
16. Franco Morbidelli - Prima Pramac Racing - Ducati
17. Takaaki Nakagami - LCR Honda Idemitsu - Honda
18. Luca Marini - Repsol Honda - Honda

Gagal finis:
Johann Zarco - LCR Honda Castrol - Honda
Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM
Fabio di Giannantonio - Pertamina Enduro VR46 Racing Team - Ducati
Alex Rins - Monster Energy Yamaha - Yamaha