Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menerima hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Baik itu hasil perhitungan pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden.

Surya Paloh Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari. Baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden," kata Surya Paloh, saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu malam (20/3/2024).

Partai NasDem juga mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu legislatif dan juga tiga paslon capres-cawapres. "Nasdem mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres 2024," ujar Surya Paloh.

KPU RI resmi mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024) malam. Pengumuman ini dibacakan langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Ashari di Gedung KPU RI, Jakarta

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pasangan Prabowo-Gibran menang dengan perolehan suara 96.214.691. Prabowo-Gibran unggul di 36 dari 38 provinsi seluruh Indonesia, dan di luar negeri.

Pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, meraih 40.971.906 suara. Pasangan ini hanya menang di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Barat.

Pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memperoleh suara sah sebanyak 27.040.878. Pasangan ini tidak menang di satu provinsi pun.

Sementara itu, untuk perolehan suara partai politik, PDIP menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak di Pemilu 2024 ini. Diikuti Partai Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, Demokrat dan PAN. (*)