Rasa gatal pada kulit umumnya terjadi akibat iritasi atau peradangan di kulit, sehingga kulit jadi kering dan mudah gatal. Tak hanya itu, keluhan ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya, seperti gigitan serangga, alergi, atau infeksi.

Foto : Lidah Buaya

Gatal pada kulit biasanya bisa sembuh sendiri. Namun, keluhan ini bisa lebih cepat mereda dengan beberapa pengobatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya dengan daun untuk obat gatal kulit. Bila dilakukan dengan cara yang tepat, metode herbal ini dapat menghilangkan gatal pada kulit dengan cepat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet jenis daun yang sering digunakan sebagai obat gatal, antara lain:

1. Daun Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan herbal yang paling umum digunakan untuk mengatasi kulit gatal. Tumbuhan ini memiliki daging yang cukup tebal dengan tekstur yang berlendir menyerupai gel. Bagian daging di dalam daun lidah buaya inilah yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pada kulit, termasuk munculnya sensasi gatal.

Daging dari daun lidah buaya dapat mengatasi gatal pada kulit yang disebabkan oleh eksim, yaitu kondisi peradangan yang membuat kulit menjadi kering dan gatal. Hal ini karena daun lidah buaya memiliki sifat antiradang yang mampu meredakan berbagai gejala peradangan di kulit.

2. Daun Mint

Daun mint juga termasuk daun untuk obat gatal kulit. Ekstrak daun mint dapat mengurangi reaksi peradangan dan alergi, sehingga bisa meredakan gatal-gatal di kulit akibat gejala alergi.

Selain itu, daun mint juga mengandung mentol yang bisa memberikan sensasi dingin pada kulit, sehingga bermanfaat untuk mengatasi iritasi dan gatal di kulit. Mentol pada mint juga bisa mengobati kulit bengkak, gatal, dan kemerahan akibat gigitan serangga

Dalam mengatasi gatal pada kulit, Anda bisa menggunakan daun mint dalam bentuk minyak esensial. Caranya, cukup campurkan beberapa tetes minyak daun mint dengan beberapa tetes carrier oil, lalu oleskan campuran tersebut ke area kulit yang mengalami gatal secara rutin hingga keluhan tersebut menghilang.

Meski demikian, campuran minyak ini biasanya kurang cocok dioleskan ke kulit wajah, ya.

3. Daun Kemangi

Kemangi atau daun basil paling sering digunakan sebagai bahan pelengkap atau bumbu masakan karena aromanya yang harum dan khas. Namun, daun ini juga bisa meredakan keluhan gatal pada kulit.

Riset mengungkapkan bahwa ekstrak daun basil memiliki sifat antibakteri dan antiradang di dalamnya. Hal inilah yang membuat daun dengan aroma khas ini dapat berfungsi untuk mengatasi keluhan gatal di kulit akibat peradangan atau iritasi. Meski demikian, efektivitas daun kemangi sebagai daun untuk obat gatal kulit akibat infeksi bakteri masih perlu diteliti lebih lanjut.

Ekstrak daun basil sudah banyak diolah menjadi suplemen dan minyak esensial. Efeknya, penggunaan daun basil untuk mengobati gatal kulit makin mudah untuk dilakukan sebab Anda hanya perlu mengoleskan minyak daun basil ke area kulit yang gatal atau mengonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

4. Daun Neem

Daun untuk obat gatal kulit yang bisa digunakan berikutnya adalah daun neem. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun neem mengandung beragam senyawa yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

Berkat berbagai sifat yang dimilikinya, jenis daun yang satu ini digadang-gadang dapat mengatasi kondisi kulit kering yang menjadi salah satu penyebab gatal pada kulit. Selain itu, daun neem juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kulit lainnya, seperti mengobati jerawat dan mempercepat penyembuhan luka.

Sama seperti sebagian besar daun untuk obat gatal kulit, penggunaan daun neem untuk menghilangkan gatal dilakukan dengan mengoleskan ekstraknya yang sudah diolah dalam bentuk minyak esensial. Jadi, pastikan Anda memilih produk minyak esensial yang mengandung ekstrak daun neem murni agar manfaatnya optimal.

5. Daun Pegagan

Daun yang bernama latin Centella asiatica ini juga cukup populer digunakan sebagai bahan herbal untuk menjaga kesehatan kulit. Hebatnya lagi, daun pegagan juga bisa mengatasi masalah kulit, seperti kulit kering dan gatal akibat iritasi atau peradangan.

Beberapa riset juga menunjukkan bahwa daun pegagan bermanfaat untuk mendukung proses penyembuhan luka. Ekstrak daun pegagan juga dapat memperbaiki skin barrier, sehingga kulit jadi tetap kuat dan tidak mudah rusak.

Daun untuk obat gatal kulit ini banyak tersedia dalam berbagai produk skincare, mulai dari pelembap, gel, hingga masker untuk kulit wajah dan tubuh. Selain itu, Anda pun bisa mengoleskan daun ini ke kulit. Caranya, bersihkan dan haluskan daun pegagan, kemudian balurkan air dan ampas daun ke kulit yang gatal.

6. Daun Sirih

Ini juga termasuk salah satu daun herbal yang sudah tidak asing bagi warga Indonesia. Daun sirih umumnya dipakai sebagai pembersih gigi dan mulut alami dan juga sebagai bahan herbal untuk membersihkan daerah kewanitaan. Namun, di luar manfaat tersebut, ternyata daun sirih juga bisa digunakan sebagai daun untuk obat gatal kulit.

Ini karena daun sirih mengandung berbagai zat yang memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan, sehingga bisa meredakan peradangan di kulit. Lebih jauh lagi, beberapa riset juga menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu memutihkan kulit.

Cara penggunaan daun sirih ini cukup mudah, yakni dicuci dan ditumbuk atau dihaluskan, lalu dibalurkan ke kulit yang gatal.(*)