Breaking News
---

Timnas AMIN Bersiap Ajukan Sengketa Pemilu 2024 ke MK

Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bersiap menempuh langkah hukum mengajukan sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).  Mengenai pengumuman hasil Pilpres 2024 yang akan diumumkan KPU RI.

Foto ilustrasi: Pengumuman hasil Pemilu 2024

"Tim hukum Pilpres  sudah menyiapkan semuanya dari sisi mana masuknya," kata Sekjen PKS/Timnas AMIN, Habib Aboebakar Alhabsyi, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, tim hukum segera ke MK dengan membawa data-data terkait pilpres ini. Penyerahan gugatan kepada MK ini akan dilakukan dalam waktu dekat. 

"Itu sudah rapi dan sudah standby. Tinggal diserahkan ke MK," ucapnya. 

Sedangkan untuk hak angket hasil Pemilu 2024, menurut Aboebakar, pihaknya menunggu keputusan Majelis Syuro PKS.  Keputusannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Ini masih panjang dan waktu masih berjalan. Kita masih konsolidasi," ucapnya.

Di sisi lain, Aboebakar mengapresiasi rapat pleno KPU terkait hasil Pemilu 2024. Hal itu bagian dari suksesi politik yag harus dilakukan oleh sebuah negara demokrasi.

PKS, kata dia, secara umum hasil suara pada Pemilu 2024 tidak dalam kondisi lebih baik. Ini jika dibandingkan pemilu sebelumnya. 

"Paling tidak, tidak dibawah  dari tahun sebelumnya. Walaupun tidak terlalu maksimal kita ada di 3 kursilah," ujarnya.

Menurutnya, pada pemilu 2019 PKS memperoleh 11,4 persen dengan 9 juta suara. Sedangkan pada pemilu 2024 mendapatkan sebanyak 12.73 suara.

"Ini menurut saya, kita sudah bekerja maksimal. Paling tidak itu kita syukuri dulu, kemungkinan kita daoat 53 kursi," ucapnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan