PT Semesta Marga Raya (SMR) Toll Road selaku pengelola Jalan Tol Kanci - Pejagan yang memiliki panjang 35 KM menuju wilayah Jawa Tengah dari arah Jakarta siap menyambut jutaan pemudik yang menggunakan kendaraan roda 4 atau lebih melalui jalur jalan Tol sejak arah jakarta hingga ke kampung halamannya baik di wilayah Jawa Barat di area Cirebon, Jawa Tengah, Jawa Timur dan kota-kota lainnya di wilayah jawa.

Tol Kanci Pejagan
Foto : Tol Kanci Pejagan

"Kami tahun 2024 ini siap tentunya dalam menyambut para pemudik ya, dan kami akan siaga betul serta mempersiapkan segala sarana dan prasarananya," ujar Direktur Utama PT Semesta Marga Raya (SMR) Supriyono didampingi Kepala Cabang PT Semesta Marga Raya (SMR) Ruas Tol Kanci - Pejagan Uum Jumadi dalam jumpa pers pada Kamis (28/3/2024).

Bahkan lanjut Supriyono pihaknya memprediksi puncak arus mudik terjadi akan terjadi pada pada tanggal 6 April 2024. 

Memang prediksi kami berbeda dengan Kemenhub, karena psikologi orang dari dulu, kalau sudah libur yang pengennya segera pulang kampung dong dan tanggal 5 april kan hari kerja terakhir baik bagi PNS dan unsur lainnya dan tangal 6 itulah akan ramai,” ucapnya.

Untuk menyambut para pemudik yang melintasi jalan tol Kanci-Pejagan, pihaknya juga sudah menyiapkan segala sesuatunya. Seperti, menyiapkan dua rest area yang tersedia di jalan Tol Kanci-Pejagan, yakni rest area 228 dan 229. 

"Dan Agar tidak terjadi penumpukkan kendaraan di rest area, pihaknya juga sudah menyediakan 328 toilet di rest area 228 dan 50 toilet di rest area 229, kemudian, untuk para penjual sudah diberi himbauan agar bisa mengemas makanannya dengan cepat dan cermat, agar para pengunjung tidak mengantri terlalu lama," ucapnya.

Langkah selanjutnya, untuk mengatisipasi kebakaran lahan disepanjang jalan tol Kanci-Pejagan, pihak PT SMR Toll Road akan melakukan patroli rutin. 

“Jika ditemukan titik api, kita sudah sediakan alat pemadam dan bekerja sama dengan petugas Damkar setempat, dan kepada para pengendara yang akan melintasi jalan tol Kanci-Pejagan, dirinya mengimbau agar mempersiapkan kendaraannya, cek tekanan ban agar tidak bocor atau pecah ditengah jalan,” jelasnya.

Selanjutnya, persiapan saldo e-toll sebelum keluar atau masuk ke jalan tol Kanci-Pejagan. 

“Hal ini penting, agar tidak terjadi antrean panjang saat dipintu masuk atau keluar tol dan jika fisik merasa lelah, jangan dipaksakan, segera menepi ke rest area yang sudah disediakan, Penyebab kecalakaan di tol itu karena kelelahan saat berkendara, kalau lelah ya istirahat jangan memaksakan nyetir terus,” ucapnya.(*)