Kekhawatiran yang sering melanda saat berpuasa adalah boleh atau tidaknya gosok gigi. Soalnya, gosok gigi saat puasa berarti memasukkan benda ke dalam mulut sehingga berisiko membuat kita tidak sengaja menelan air. Hal ini dikhawatirkan bisa membatalkan puasa meskipun secara tak sengaja.(5/4/24).

Foto ilustrasi pelajar demo cara gosok

Namun faktanya, ternyata gosok gigi saat puasa boleh dilakukan, lNamun, kamu perlu berhati-hati saat melakukannya agar air atau pasta gigi tidak sampai tertelan.

Waktu terbaik untuk gosok gigi saat puasa justru bukan saat puasanya, lho, melainkan sebelum tidur dan menjelang imsak atau setelah sahur.

Dikarenakan dengan menggosok gigi sebelum tidur, kamu bisa membersihkan bakteri dan sisa makanan yang ada di mulut setelah berpuasa dan berbuka. Dengan begitu, bakteri tersebut tidak merusak enamel, yakni lapisan terluar gigi.

Meski begitu, bakteri di mulut akan mulai terbentuk lagi selama kamu tidur. Oleh sebab itu, kamu perlu gosok gigi lagi setelah bangun tidur untuk membersihkannya. Namun, karena akan berpuasa, lakukan sikat gigi setelah sahur agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di gigi dan menyebabkan bau mulut selama puasa.

Sementara itu, bagaimana dengan menyikat gigi selama jam puasa? Sebetulnya ini sah-sah saja, asalkan menggosok gigi dilakukan dengan hati-hati, agar air, pasta gigi, maupun bulu sikat tidak tertelan. Dengan demikian, puasa tidak akan batal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet tips gosok gigi di bulan puasa agar ibadah tetap lancar, antara lain:

- Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride, oleskan sedikit saja pada sikat gigi;

- Sikat gigi dengan lembut selama sekitar 2 menit dan pastikan seluruh bagian gigi sudah bersih dalam waktu tersebut;

- Hindari menggosok gigi sambil melakukan kegiatan lain agar kamu bisa fokus dan mencegah air atau busa pasta gigi tertelan;

- Berkumur dengan air secukupnya sampai mulut dan gigi bersih, usahakan jangan sampai tertelan agar puasa tidak batal.

Kalau kamu takut batal puasa karena gosok gigi, ada pilihan alternatifnya, kok. Kamu bisa menggosok gigi hanya dengan sikat gigi dan air bersih tanpa pasta gigi atau coba gunakan siwak.

Sekarang, kamu sudah tahu kapan waktu terbaik gosok gigi saat puasa dan cara sikat gigi yang benar agar mulut tidak bau saat puasa. Oleh karena itu, jangan sampai lupa menggosok gigi, ya.

Dengan rutin menerapkan waktu dan tips gosok gigi saat puasa di atas, kebersihan mulutmu bisa terjaga dan kamu tidak perlu takut bau mulut selama berpuasa.

Sebaliknya, jarang gosok gigi bisa membuat gigi jadi berlubang. Bahkan, hal ini juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti infeksi gusi sampai penyakit jantung. Jadi, pastikan untuk rutin membersihkan gigi Anda. (*)