Menteri Urusan Islam Arab Saudi Syeikh Abdullatif Al Sheikh mengeluarkan arahan. Ini kepada seluruh kantor wilayah di seluruh negara itu mengenai pelaksanaan salat Idul Fitri 1445 H.

Foto ilustrasi Sholat Idul Fitri di Tanah Arab

"Di mana salat harus dilaksanakan 15 menit setelah matahari terbit. Ini merupakan arahan tahunan yang disampaikan kementerian berdasarakan kalender Ummul Qura," kata Abdullatif seperti dikutip dari kantor berita SPA, Selasa (2/4/2024). 

Dalam surat edaran yang dikirimkan ke kantor-kantor wilayah, Abdullatif juga menginstruksikan agar salat dilaksanakan di tempat terbuka. Atau lapangan serta masjid-masjid besar. 

"Salat sebaiknya tak dilaksanakan di masjid-masjid kecil yang biasanya letaknya berdekatan satu sama lain. Terutama di daerah padat perkotaan," ujarnya. 

Abdullatif juga menekankan pentingnya persiapan sebelum salat. Terutama pelaksanaan di lapangan yang membutuhkan peralatan penunjang seperti alas serta pengeras suara. 

"Selain itu kebersihan tempat juga menjadi perhatian agar jemaah terhindar dari hal-hal yang bisa membatalkan wudhu. Dengan begitu pelaksanaan salat bisa berjalan dengan nyaman," ucapnya.(*)