Pernikahan dalam Islam dipandang sebagai ikatan suci antara seorang pria dan seorang wanita. Tujuan utamanya adalah membentuk keluarga yang bahagia, memperoleh ketenangan emosional, saling mendukung, serta melanjutkan keturunan. Pernikahan juga dianggap sebagai ibadah yang mendapatkan pahala dari Allah.

Foto ilustrasi pernikahan

Mencari hari baik untuk menikah dalam Islam sebaiknya tidak didasarkan pada keyakinan akan nasib baik atau buruk pernikahan di masa depan. Hal ini karena mencari hari baik berdasarkan pertimbangan nasib telah melampaui batasan aqidah dalam Islam, sehingga tidak dianjurkan.

 Islam mengajarkan bahwa pernikahan bisa dilangsungkan kapan saja, karena semua hari dianggap baik, tergantung pada niat dan tujuan baik dari kedua pasangan yang ingin menikah. Prinsip dasar dalam Islam adalah menjalankan pernikahan dengan niat yang baik, saling mencintai, dan menjalin hubungan yang penuh keberkahan di bawah ridha Allah.

Siapa yang punya rencana menikah di tahun 2024 ini? untuk kamu yang masih bingung menentukan tanggal pernikahan, berikut bulan baik untuk menikah menurut Islam.

Bulan Syawal

(10 April - 8 Mei 2024)

Kok bisa …?

Karena pada Bulan Syawal Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan. Selain itu bulan Syawal diartikan sebagai bulan yang penuh kemenangan dan kebahagiaan setelah bulan Ramadhan.

Meskipun pada masa Arab Jahiliah ada kepercayaan negatif terkait pernikahan di bulan Syawal, Rasulullah SAW menolak keyakinan tersebut dengan menikahi Aisyah pada bulan ini. Beberapa ulama menganjurkan menikah di bulan Syawal mengikuti contoh Rasulullah, meskipun pada dasarnya semua bulan dianggap baik.

Bulan Dzulhijjah

(8 Juni - Juli 2024)

Kok bisa .....?

Karena Bulan Dzulhijjah termasuk bulan Haji dan penuh dengan Amalan Mulia. Bulan ini dianggap istimewa oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW sebagai salah satu dari empat bulan mulia.

Pada bulan Dzulhijjah, Rasulullah SAW menikahi Zainab binti Jahsyi bin Royab dan Maimunah binti Al-Haris.

Bulan ini juga diidentifikasi sebagai simbol ketenangan karena terletak di antara dua hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha.

Bulsn Muharam

(7 Juni - 5 Agustus 2024)

Kok bisa …?

Karena Bulan Muharram merupakan bulan pertama di kalender Hijriah yang menjadi momen refleksi dan permulaan baru, termasuk semangat membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.

Terdapat klaim tanpa dasar agama yang menyatakan bahwa menikah di bulan Muharram akan mendatangkan malapetaka. Namun, tidak ada larangan agama terkait hal ini. Faktanya, Rasulullah SAW menikahi Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan dan Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab di bulan Muharram.

Bulan Safar

(6 Agustus - 4 September 2024)

Bulan Safar sering disalah artikan  sebagai Bulan Sial, namun dalam Islam tidak ada bulan yang sial. Oleh karenanya Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan dengan Siti Khadijah pada bulan Safar begitupula dengan Pernikahan antara Sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah az-Zahra juga dilaksanakan di bulan Safar untuk membuktikan bahwa Islam menilai bulan Safar bukanlah bulan sial namun bulan Safar merupakan bulan yang baik untuk menikah.

 Bulan Rabiul Awal

(5 September - 3 Oktober 2024)

Kok Bisa …?

Karena bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang penuh ampunan dan rahmat Allah SWT. Bulan ini dianggap istimewa karena merupakan bulan kelahiran Rasulullah SAW. Pada tanggal 10 Rabiul Awal, Rasulullah SAW menikahi Khadijah Binti Khuwailid di Kota Mekah, menambah keberkahan bulan ini untuk pernikahan.

(Sumber: bahagiabersama_wp)