Kekesalan warga Desa Mekarsari Kecamatan Ngamprah Bandung Barat, yang menanami pohon pisang di akses Jalan Kampung Kiara Payung RT 04 Rw 03 karena rusak, langsung direspon Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif.

Foto ilustrasi


Arsan memerintah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) M Ridwan Evi untuk merespon keluhan warga tersebut.

M Ridwan mengatakan, penyebab jalan rusak ada tiga pipa saluran air milik warga yang tertanam melintang di ruas jalan Kiara Payung. "Setelah dicek lubang jalan terjadi imbas dari pipa tersebut,” ungkap Ridwan di lokasi, Jumat (19/4/2024).

Ia mengatakan, sebelum diperbaiki pihaknya memanggil Kepala Desa Mekarsari, Ketua RW dan pengelola pipa Air untuk melakukan musyawarah. “Alhamdulilah sudah ada kesepakatan dengan warga. Rencananya, pipa yang bocor tersebut akan di gali dak diperbaiki selanjutnya akan dilakukan pengaspalan sementara,” katanya.

Ia menjelasakan, Jalan Kiara Payung masuk jalan Ruas Cilame-Mekarsari. Sebetulnya, di tahun anggaran 2022 jalan tersebut sudah diperbaiki dan akhir 2023 pun sudah dilakuakan pemeliharan jalan.

“Jadi jalan tersebut bukan dibiarkan rusak. Tetapi, sekarang sudah ada titik terang yang mengakibatkan jalan rusak tersebut diakibtakn oleh tiga pipa Air yang bocor,” ujarnya.

Dia menegaskan, perbaikan jalan tersebut menjadi atensi Bupati. “Perbaikan jalan ini tindak lanjut dari instruksi Bupati. Bupati ingin kerusakan jalan Kiara Payung segera diperbaiki," katanya.(*)