Breaking News
---

Ini Kronologis Pembunuhan Danramil Oktovianus

Danramil Aradide, Kodim 1703-04/Deiyai, Letda Inf Oktovianus Sogalrey, gugur diserang TPNPB-OPM di Paniai, Papua Tengah, Kamis (11/4/2024). Sebelum ditemukan tewas, Oktovianus hendak mengambil barang di pelabuhan, dan sempat hilang semalaman.

TANGKAPAN LAYAR - Sejumlah anggota TNI saat mengavakuasi jenazah Danramil Aradide, Letda Inf Oktovianus Sogalrey yang ditempat hingga gugur oleh TPNPB-OPM di Paniai, Papua Tengah.

Oktovianus pergi ke pelabuhan Kampung Pasir Putih, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Rabu (10/4/2024), sekitar pukul 16.00 WIT. Namun, setelah itu, dia tak pulang semalaman dan tidak diketahui keberadaannya.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar mengungkapkan, awalnya Letda Oktovianus keluar dari Makoramil 1703-4/Aradide pada Rabu (10/4/2024) sore. Tetapi hingga besok paginya Oktovianus tidak kunjung kembali ke markas.

"Dilakukan pencarian. Dan almarhum ditemukan tergeletak meninggal dunia di tengah jalan arah Kampung Pasir Putih akibat diserang dan ditembak OPM," katanya, Jumat (12/4/2024).

Keesokan harinya, Kamis (11/4/2024) sekitar pukul 08.00 WIT, jenazahnya ditemukan warga di Jalan Trans Enarotali, jalan menuju pelabuhan Pasir Putih. Warga langsung menghubungi rombongan Natalis Degei.

Setelah rombongan tersebut tiba di TKP, Natalis Degei langsung menghubungi pihak keamanan. Gabungan anggota Satgas Raider 527/BY, Koramil 1703-04/Aradide, dan Polres Paniai yang tiba di lokasi sekitar pukul 11.00 WIT, segera mengevakuasi jenazah Danramil.

Jenazah Oktovianus dibawah ke Koramil 1703-04/Aradide dan tiba sekitar pukul 12.30 WIT. Dari pemeriksaan, ditemukan luka sobek di bagian belakang kepala akibat terkena senjata tajam, sedangkan sepeda motor yang dikendarainya hilang.

Menurut informasi, Oktovianus ditembak pasukan TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipouda Paniai, di bawah Pimpinan Mayor Osea S Boma. Sejumlah Pasukan TPNPB-OPM bersembunyi di sekitaran jalan menuju Pelabuhan Pasir Putih, Jalan Trans Enarotali.

Saat melintasi jalan itulah Oktovianus langsung ditembaki namun tidak mengenai tubuh korban. Peluru mengenai motor yang dikendarainya dan korban langsung jatuh terpapar di permukaan jalan.

Pasukan TPNPB-OPM langsung datang dan memukuli Oktovianus dengan alat tajam sampai korban meninggal. Setelah memastikan korban meninggal, para pelaku langsung kabur dan bersembunyi.

OPM Serang Rumah Duka

Tak hanya sampai di situ, pada malam harinya gerombolan teroris OPM kembali membikin ulah lanjutan. Mereka menyerang rumah duka saat acara serah terima jenazah kepada keluarga.

Video penyerangan tersebut juga viral di media sosial. Salah satunya seperti yang diunggah oleh akun istagram @kabarnegeri pada Jumat 12 April 2024.

Dalam keterangan video yang diunggah, momen penyerangan tersebut terjadi pada Kamis 11 April 2024 malam. “Beredar Video Detik Detik Diduga Aksi Penyerangan Sekelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) Di Kodim 1703/Deiyai,” tulis keterangan video.

“Dari informasi yang beredar, Penyerangan itu jadi Kamis 11 April 2024. malam saat jenazah Danramil 1703 - 04 Aradide Letda Inf. Oktovianus Sogalrey tiba dimakodim 1703/Deiyai,” katanya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan