Italia dipastikan punya lima wakil di Liga Champions musim depan. Keputusan ini diberikan berdasarkan hasil-hasil pertandingan klub Italia di kompetisi Eropa.

Italia Mendapat Jatah Lima Wakil di Liga Champions

Melansir dari Opta, Jumat (19/4/2024) Liga Champions musim depan diikuti oleh 36 tim dengan format baru. Dengan begitu, UEFA memilih dua negara yang bisa menambah jatah menjadi lima wakil.

UEFA memutuskan dua negara dengan peringkat teratas dari segi poin koefisien bisa mengirim lima wakil. Setiap kemenangan di kompetisi Eropa akan bernilai dua poin koefisien, hasil imbang satu poin, dan kekalahan 0 poin.

Sistem koefisien ini tidak melihat kasta kompetisi. Sehingga kemenangan di Liga Champions akan sama bobotnya dengan hasil di Liga Europa dan Conference League.

Italia tanpa wakil di perempat final Liga Champions setelah Inter Milan, Lazio, dan Napoli kompak kalah di 16 besar. Namun, empat wakil mereka tetap bertualang di kompetisi kasta kedua dan ketiga Eropa.

Atalanta dan AS Roma berhasil lolos ke semifinal Liga Europa. Sementara Fiorentina melaju ke semifinal UEFA Conference League.

Italia sudah dipastikan mengunci posisi dua teratas dan satunya lagi diperebutkan antara Inggris dan Jerman. Italia bisa saja menambah wakilnya menjadi enam di Liga Champions musim depan.

Agar terwujud, Atalanta atau AS Roma harus juara Liga Europa dan kemudian finis di luar lima besar Liga Italia. Jerman sebetulnya punya peluang besar untuk mendapatkan jatah lima wakil di Liga Champions.

Hal itu dikarenakan Bayern Munich dan Borussia Dortmund ke semifinal Liga Champions musim ini dan laju Bayer Leverkusen di Liga Europa. Situasi pelik tentu ada di Inggris. 

Semua wakilnya sudah tersingkir di Liga Champions dan Liga Europa. Sejauh ini tinggal Aston Villa yang masih bertahan di Conference League.

Berikut Koefisien Liga-Liga Eropa per 11 April 2024:

1. Italia, 18.428 

2. Jerman, 16.785 

3. Inggris, 16.750 

4. Spanyol, 15.062 

5. Prancis, 14.750