Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam di bulan Ramadhan. Selain itu, dari segi ilmiah berpuasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Foto ilustrasi : Buka Puasa Ramadhan bersama

Dilansir dari laman Healthline,berikut lima manfaat puasa bagi kesehatan yang didukung oleh sains:

1. Mengontrol Gula Darah
Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan pengendalian gula darah, yang mungkin bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

2. Melawan Peradangan
Penelitian menunjukkan bahwa peradangan mungkin jadi penyebab dalam perkembangan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis, tidak hanya itu puasa juga membantu mengurangi tingkat peradangan dan meningkatkan kesehatan

Baca Juga: Tak Hanya Ibadah Puasa di Bulan Ramadan, Ahli Beberkan Manfaat Shalat Tarawih bagi Kesehatan

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Beberapa penelitian menemukan berpuasa sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah ulasan mengungkap puasa alternatif dapat menurunkan kadar kolesterol total dan faktor risiko jantung pada orang yang kelebihan berat badan.

Puasa telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner dan dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol.

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Meskipun penelitian sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan, beberapa penelitian menemukan puasa dapat memberikan efek yang kuat pada kesehatan otak.

5. Turunkan Berat Badan
Satu ulasan lama dari tahun 2015 menunjukkan bahwa puasa sepanjang hari dapat menurunkan berat badan hingga 9 persen dan secara signifikan menurunkan lemak tubuh selama 12-24 minggu.

Puasa intermiten lebih efektif dalam mendorong penurunan berat badan dibandingkan dengan pembatasan kalori terus menerus.(*)