Breaking News
---

Kepala BMKG Minta Masyarakat Waspada Gempa Garut Susulan

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu malam, 27 April 2024. Guncangan gempa itu dilaporkan membuat 2 warga Kecamatan Pameungpeuk terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan gempa.

Selain itu, dilaporkan bangunan Rumah Sakit Pameungpeuk dan sejumlah rumah warga di Kecamatan Cilawu Garut juga mengalami kerusakan. “Yang luka ini salah satunya merupakan anak-anak dan satunya lagi dewasa,” ujar Tubagus, Minggu (28/4/2024).

Informasi sementara, gempa bumi juga memicu kerusakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk. Meski belum ada laporan secara resmi, akan tetapi foto dan video sudah diterima.

BMKG menyebut, titik gempa berada sejauh 151 km arah barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gempa terjadi di laut dengan kedalaman 10 km atau tepatnya di 8,42 Lintang Selatan dan 107,26 Bujur Timur.

"Gempa Mag:6.6, 27-Apr-2024 23:29:47WIB, Lok:8.42LS, 107.26BT (151 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:10 Km #BMKG," tulis BMKG dalam keterangannya.

Guncangan terasa sampai Jakarta. Meski begitu, BMKG menyebut gempa ini tak berpotensi menciptalan tsunami.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan mengenai dampak gempa. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat mewaspadai gempa susulan pascagempa Garut magnitudo 6,5, Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29 WIB. Pasalnya, gempa susulan baru saja terjadi meskipun kekuatannya jauh menurun.

"Barusan saya mendapatkan laporan, barusan terjadi gempa susulan berkekuatan magnitudo 3,1. Memang jauh lebih kecil dari gempa pertama tadi," kata Dwikorita saat siaran Live di TvOne, sekitar pukul 00.30 WIB.

Karena itu, Dwikorita meminta warga tetap waspada terhadap gempa susulan. "Masyarakat diminta tetap waspada gempa susulan," katanya.

Diketahui, Gempa Garut terasa getarannya hingga Jabodetabek. BMKG menginformasikan gempa pertama terjadi pukul 23.29 WIB. Lokasi gempa di koordinat 8.42 LS-107.26 BT.

Pusat gempa di 151 kilometer barat daya Garut, Jawa Barat. Titik gempa di kedalaman 10 kilometer. 

BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. Saat ia berbicara, belum diketahui ada tidaknya kerusakan atau korban akibat gempa ini.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan