Pemilihan Walikota Tasikmalaya baru akan digelar akhir tahun 2024 mendatang. Namun, sejumlah partai politik (Parpol) sudah mulai melakukan loby politik antar parpol.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kabarnnya, petinggi parpol tersebut sudah melakukan pertemuan khusus di Hotel Amaris Jalan HZ Mustofa, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya Sabtu (6/4/2024).

Ketua DPC PKB Kota Tasikmalaya, H Wahid mengatakan, kedua partai bersepakat untuk membentuk koalisi dan mengusung calon Walkota dan Wakil Walikota yang sama.

Koalisi PKS dan PKB Kota Tasikmalaya Siap Hadapi Pilkada 2024 (Foto: Istimewa)

"Setelah kami tempuh proses semua maka hari ini ada kesepakatan untuk melanjutkan koalisi di Pilwalkot 2024," Kata Wahid.

Keputusan tersebut, ujar Wahid, sudah melalui tahap kajian secara mendalam dan mekanisme yang jelas di Desk Pilkada PKB Kota Tasikmalaya.

"Kami sengaja melakukannya hari ini karena nanti malam adalah malam Lailatul Qodar. Artinya kita bersama menjemput kemenangan di Pilkada Kota Tasikmalaya pada 2024 mendatang," Terang Wahid.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Tasikmalaya, Yadi Mulyadi mengaku bahawa kolaisi ini bagian dari efek Pilpres dan memang luar biasa. Pada saat Pileg PKS sukses meraup 51 ribu lebih suara dengan 5 kursi di DPRD Kota Tasikmalaya.

"Alhamdulillah persahabatan kami ini akan terus berlanjut setelah bersama-sama di Pilpres. Kami marathon terus dan Alhamdulillah membuahkan kesepakatan ini," terang Yadi.

Menurut dia, PKB saat Pileg lalu pun sukses meraih 5 kursi dengan suara lebih dari 49 ribu. Maka jika ditotal, PKS dan PKB telah mengamankan 100 ribu suara masyarakat Kota Tasikmalaya.

"Menyelesaikan permasalahan untuk membangun bangsa juga perlu kolaborasi dengan partai politik lain. Tak bisa menyeleseikan secara sendirian. Maka kami pun melanjutkan kerjasama dengan PKB. Dengan Jumlah tersebut sudah lebih dari cukup untuk tiket pencalonan di Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya," tutup Yadi(*)