Breaking News
---

Longsor Sempat Tutup Akses Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya

Intensitas curah hujan tinggi menyebabkan terjadinya longsor yang menimbun Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya Garut, tepatnya di Blok Lawang Angin. Jumat (12/4/2024).

Longsor di Jalan Raya Banjarwangi-Singajaya Garut (Foto: Dok.Polsek Banjarwangi)

Kapolsek Banjarwangi Polres Garut, Iptu Amirudin Latif, mengatakan kejadian tanah longsor dengan panjang 5 meter, dan tinggi 30 meter tersebut terjadi seitar pukul 01.00 WIB.

"Akibat tanah longsor tersebut mengakibatkan seluruh badan jalan raya tertutup oleh material longsor. Longsor terjadi diduga karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan tanah di tebing jalan mengalami retak lalu turun longsor yang cukup hebat," jelas Amir.

Ia menyampaikan, pihaknya  berkoordinasi dengan Dishub UPT Cikajang, dan pihak PUPR untuk menurunkan alat berat.

"Sembari menunggu kedatangan alat berat,  kami bersama warga sekitar melakukan upaya pembersihan material menggunakan cangkul dan alat manual lainnya," katanya.

Ia  menghimbau warga sekitar dan pengguna jalan lainnya agar mencari jalan alternatif via Amplong Cihurip dan Taraju Tasikmalaya.

"Hingga pada sekitar pukul 11.00 WIB sebagian material tanah longsor berhasil di evakuasi separuh, namun masih dalam proses pembersihan material," ucapnya.

Amir menyebut jalur Blok Lawang Angin Jl. Raya Banjarwangi – Singajaya kini dapat di lalui dengan sistem buka tutup sepenggal Jalan.

"Alhamdulilah jalan yang tertimbun longsor sudah dapat dilalui meski dengan cata buka tutup sepenggal jalan," katanya, mengakhiri.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan