DPC PDIP Solo membuka pendaftaran bakal calon Wali Kota Solo untuk Pilkada 2024. Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Aria Bima menyampaikan, pembukaan bakal calon Wali Kota Solo berlaku di semua DPC.

PDIP Buka Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Solo

Dijumpai di Solo, Senin (8/4/2024) Aria Bima menegaskan SK dari DPP ini berlaku untuk semua DPC Kabupaten/Kota. Hanya saja bagi DPC yang bisa menang diatas 50 persen dalam pileg lalu yang berhak menentukan pasangan sendiri.

"Sedangkan yang kurang (dari 50 persen) diminta untuk membuat pendaftaran dan dikontestasikan di tingkat PAC, baru ke DPC dan DPC ke DPP," ucapnya Senin.

Anggota DPR RI dari Dapil 5 Jateng itu menyampaikan terkait langkah DPC PDIP Solo itu menindaklanjuti instruksi dari DPP PDIP. Jika sebelumnya Solo didukung perolehan diatas 50 persen bisa menentukan siapa calon yang akan diusung.

Namun karena sekarang kemenangan di bawah 50 persen, maka dibuka pendaftaran untuk walikota dan wakil walikota. Tentunya dengan tahapan terlebih dahulu.

"Penjaringan dilakukan oleh PAC. Lantas masing-masing kontestan nantinya menyampaikan visi misi, ke depan pengurus PAC dan pengurus ranting," ucapnya.

Selanjutnya dilakukan musyawarah untuk nama-nama yang akan melalui tahapan penyaringan dan disampaikan ke DPP PDIP. Setelah tahapan penyaringan, muncul rekomendasi siapa saja yang akan maju sebagai calon Wali kota/Wakil Wali kota.

 "Masih normatif tapi saya lihat banyak anak muda yang tertarik dalam kontestasi," ucap dia. Menurutnya hasil Pilpres lalu bisa dilanjutkan dengan kontestasi yang lebih hepi dan fun.

Seleksi calon Wali kota/Wakil Wali kota diharapkan juga bisa menjadi pendidikan politik bagi warga kota Solo. Agar mendengarkan calon-calon yang berpeluang menjadi wali kota.

Aria Bima menambahkan kebijakan ini bukan berarti PDIP tidak punya kader yang mumpuni. PDIP punya nama Teguh Prakosa, Her Suprabu dan banyak lagi yang menonjol.

Belum lagi anak muda yang mau bersaing dalam kontestasi ini. "Saya yakin begitu dibuka ada 20 sampai 30 anak muda yang mau mendaftar," ucap dia.

Terkait jalan pintas untul Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Walikota Solo, Aria Bima menjelaskan duduk perkaranya. Menurutnya penjaringan Pilkada bukan satu-satunya di DPC, selain ada penjaringan tingkat DPD dan penjaringan DPP.

Sementara Ketua Bidang Penjaringan Pilkada PDIP Solo, Paulus Haryoto menjelaskan pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi formulir yang tersedia online. Pendaftaran dibuka mulai Senin 8 April sampai 24 Mei mendatang.

“Meskipun dibuka secara online, temen-temen tetap harus mendaftar secara fisik ke DPC. Sebagai bukti bahwa mereka serius, bertanggung jawab, tidak jalan pintas,” ujarnya.(*)