Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan BPJS tetap menanggung pelayanan kesehatan maupun penanganan medis bagi pemudik yang memerlukannya. Hal ini disampaikan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Azhar Jaya, di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Azhar Jaya (kanan), usai melepas keberangkatan peserta mudik gratis Idulfitri 1445 Hijriah di Kantor Kemenkes Jakarta, Kamis

Menurut dia, pelayanan di pos-pos kesehatan yang disediakan Kemenkes di sejumlah titik perjalanan diberikan secara gratis. "Namun, jika sampai dirujuk ke rumah sakit, maka akan ditanggung BPJS bagi pemudik yang sudah memilikinya," ujarnya.  

Karena itu, Azhar berharap para pemudik sudah melengkapi diri dengan memiliki BPJS. "Kami sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menanggung pelayanan medis pemudik," ucapnya.

Azhar juga berpesan kepada petugas tim kesehatan arus mudik Lebaran untuk memberikan pelayanan optimal. "Kami tetap tetap berjaga untuk mengantisipasi berbagai hal yang terjadi pada saat periode mudik Lebaran," ujarnya. 

Kemenkes menugaskan 62 personel untuk Tim Pemantauan Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu. Mereka akan memantau jalur mudik di sekitar 3.527 titik yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. (*)