Seorang pemudik mendadak pingsan di dalam bus Harapan Jaya di Rest Area Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, Mojokerto, Jatim,  Sabtu (13/4/2024). Polisi yang mendapat laporan kejadian langsung melakukan pertolongan pertama. 

Proses evakuasi pemudik pingsan di dalam bus Harapan Jaya yang kemudian dilaporkan ke petugas Posko Lebara di Rest area Gunung Gedangan, Sabtu (13/4/2024). (FOTO: Humas Polres Kota Mojokerto)

Data yang diterima menyebut, pemudik tersebut bernama Suwartini (61), warga Desa Kedungrejo, Pilangkenceng, Madiun. Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Daniel S Marunduri mengatakan, pemudik tersebut merupakan penumpang dari Madiun tujuan Surabaya. 

Sekitar pukul 10.00 WIB bus yang ditumpanginya tiba-tiba masuk ke Rest Area Gunung Gedangan. "Kondektur bus melaporkan adanya penumpang yang pingsan kepada petugas yang berjaga di pos pelayanan," kata Daniel kepada wartawan.

Mendapat laporan tersebut, Anggota Polres Mojokerto Kota bersama Dishub, tim medis dan TNI yang siaga di Posyan Rest Area Gunung Gedangan melakukan pertolongan pertama. Mereka kemudian mengevakuasi korban ke rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto.

AKBP Daniel menjelaskan, Suwartini diduga pingsan karena kondisinya tidak fit, yang bersangkutan juga diketahui mempunyai riwayat sakit darah tinggi. Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau para pemudik memastikan kondisi fisik selalu prima sebelum menempuh perjalanan jauh.(*)