Dalam menyongsong momen Lebaran tahun 2024, masyarakat diimbau memperhatikan beberapa hal penting demi perjalanan mudik berjalan lancar. Hal penting yang perlu dipelototi pemudik, yakni kondisi cuaca ekstrem selama arus mudik Lebaran 2024.

Foto ilustrasi hujan deras

"Kondisi cuaca yang ekstrem menjadi perhatian bagi pemerintah dan pemudik sendiri. Pemudik harus memperhatikan rute perjalanan dan terus mengupdate informasi terkini, terutama jika menggunakan kendaraan pribadi," kata Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno, Jumat (5/4/2024).

Selain itu, Djoko juga menyoroti, pentingnya kesiapan dan persiapan bagi pemudik, terutama yang menggunakan kendaraan umum. Seperti bus, kereta, pesawat, atau kapal laut.

"Pemudik harus memiliki persiapan yang matang, seperti memastikan jadwal keberangkatan. Mempersiapkan barang bawaan, dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku," ucapnya.

Kemudian, ia mengingatkan, pentingnya keselamatan dalam perjalanan bagi pengguna kendaraan roda dua. "Kendaraan roda dua harus siap secara fisik dan diperhatikan agar tidak melanggar aturan lalu lintas," ujarnya.

Atas dasar itulah, ia memberikan usulan, untuk memperbanyak pelayanan angkutan umum. Termasuk penambahan bus pariwisata, serta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.(*)