Personel Polres Cirebon Kota mengantisipasi meningkatnya kunjungan ke objek wisata di Cirebon saat libur Lebaran. Salah satunya komplek pemakaman Sunan Gunung Jati  di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. 

Foto: Gerebeg Syawal

"Di Grebeg Syawal' biasanya seluruh keluarga Keraton Kasepuhan Cirebon berkumpul di Gunung Jati. Kalau orang sini bilangnya Lebaran Syawal," kata Perwira Pengendali Pos Pelayanan Lebaran Tahun 2024 Polres Cirebon, Kota Iptu Isnendar, Sabtu (13/4/2024). 

Menurutnya, puncak perayaan Grebeg Syawal akan terjadi pada Rabu (16/4/2024) sepekan setelah hari lebaran. Selain mengantisipasi keamanan Grebeg Syawal, pihak Kepolisian juga mengamankan obyek wisata lain. 

Objek wisata itu seperti Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Lemahwungkuk. Juga Taman Gua Sunyaragi yang tetap ramai dikunjungi wisatawan.

Di sisi lain, Isnendar mengatakan, kemacaten di  Cirebon Kota terjadi di sejumlah wilayah.  Salah satunya di Plered dimana terdapat lokasi wisata kuliner di wilayah itu.

"Di situ ada banyak rumah makan Empal Gentong khas Citebon. Itu saja yang di pinggir jalan arteri lokasi rumah makannya," ucapnya

Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi pasar tradisional yang ada di Cirebon seperti, pasar tumpah Mundu 7,5 km dari kota Cirebon. "Makanya kita terkadang menutup belokan-belokan jalan di lokasi itu," katanya.(*)