Pihak kepolisian dan Pengelola Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi menyiapkan buffer zone di Pelabuhan Bakauheni. 'Buffer zone' ini digunakan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

Polisi-Pengelola Tol Siapkan 'Buffer Zone' Menuju Pelabuhan Bakauheni

"Kalau 'buffer zone' sendiri kemarin setelah rapat dengan kepolisian dengan Menteri PMK dan Menteri Perhubungan itu untuk rest area b (arah pelabuhan). Terutama di KM 20 b,  KM 49 b, KM 87 b, dan ditambah KM 116 b,"

kata Project Manager Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Riadiano Muhammad diwawancarai usai menerima kunjungan Anggota Dewan Pengawas RRI, Muhamad Kusnaeni, Jumat (12/4/2024).

"Akan digunakan 'delaying system' (penundaan). Ini sudah dilalukan per-kemarin dan memang sudah ada peningkatan kemarin tanggal 11, tanggal 12," ujarnya.

Riadiano juga mengungkapkan, angka kecelakaan di tol Terbanggi Besar-Bakauheni tahun ini jauh sangat menurun. Hal itu dikarenakan adanya pembatasan kendaraan berat beroperasi selama mudik Lebaran.

"Karena biasanya, karena ini ada pembatas juga terkait dengan kendaraan berat biasanya yang menyebabkan kecelakaan kendaraan berat. (Misalnya) lampunya kurang atau bagaimana Allhamdulillah pada tahun ini berkurang karena ada pembatasan," ucapnya.(*)