Korlantas Polri membeberkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama periode mudik Lebaran 2024 mencapai 2.419. Meski tercatat cukup tinggi, angka kecelakaan itu disebut menurun ketimbang tahun lalu pada periode yang sama.

Ada 2.419 Kecelakaan Selama Musim Mudik Lebaran 2024

"Kalau dibandingkan dengan 2023, ada penurunan 18 persen yakni sebeumnya 2.968 (kecelakaan)," ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan melalui keterangan tertulis, Senin, 15 April 2024.

Selain angka kecelakaan, total korban meninggal juga tercatat menurun. Tahun lalu, total 449 nyawa melayang selama musim mudik lebaran. Sedangkan tahun ini, ada 358 korban jiwa.

"Turun 20 persen ya. Kemudian untuk luka berat memang naik, luka ringan turun 23 persen," ungkap Aan.

Berdasarkan jenis kecelakaan, paling banyak terjadi adalah kendaraan adu banteng. Urutan kedua adalah menabrak depan atau belakang, disusul kecelakaan tunggal.

"Artinya kemungkinan masalah konsentrasi kelelahan masih cukup dominan untuk terjadinya kecelakaan lalu lintas," ucap dia.

Aan membeberkan paling banyak kendaraan yang terlibat kecelakaan selama musim mudik ini adalah sepeda motor. Namun, jumlahnya menurun ketimbang tahun sebelumnya.

"Alhamdulilah ada penurunan jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Dari 3.811 pada tahun ini hanya 3.123 atau turun 18 persen," papar Aan.

Menurut dia, salah satu faktor yang memengaruhi penurunan kecelakaan roda dua yakni adanya mudik bersama gratis menggunakan angkutan massal.

"Ini salah satu kemungkinan ya, banyak faktor yang mempengaruhi berkurangnya sepeda motor ini," ungkap dia (*)