Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo memberikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri kepada umat Islam di Indonesia. Ucapan tersebut disampaikan dalam video yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (9/4/2024). 

Foto : Presiden Jokowi dan Istri

"Selamat hari raya Idulfitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ujar Presiden dan Ibu Iriana yang kompak menggunakan pakaian muslim berwarna putih.

Dalam ucapannya, Presiden dan Ibu Iriana juga menyampaikan doa dan harapan untuk seluruh umat Islam di Tanah Air. Keduanya berharap agar Idulfitri dapat menjadi momen untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi.

"Untuk merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai. Yang bersatu padu membangun Indonesia," kata Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang sedang dan akan melakukan mudik Lebaran. Ia berharap, perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan.

"Selamat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga besar. Saya berharap perjalanan lancar dan selamat," ucap Presiden.

"Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahannya. Senantiasa membimbing serta melindungi kita semua," kata Ibu Iriana.

Sebagai Informasi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dijadwalkan akan melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal. Hal itu disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nassarudin Umar.

Menurutnya sterilisasi di kawasan Masjid Istiqlal sudah dilakukan sejak malam dan dini hari ini. Sebab langkah tersebut merupakan prosedur tetap pengamanan kepala negara. 

"Jam 9 sudah mulai turun pasukan dari pihak Paspampres dan juga dari pihak terkait TNI dan Polri untuk sterilisasi. Tapi sterilisasinya jam dua pagi ini," kata Nassarudin, Selasa (9/4/2024).

Lebih jauh, Nassarudin mengungkapkan pengamanan pada kepala negara tetap melibatkan petugas keamanan internal Masjid Istiqlal. Sehingga langkah sinergi dengan TNI dan Polri bisa terlaksana dengan baik. 

"Istiqlal dari tahun ke tahun ini kita ada standarnya. Tentu kita libatkan pihak TNI dan Polri untuk pengamanannya ditambah dengan penjaga internal Istiqlal," ujarnya. 

"Lalu juga ada dari DKI Jakarta untuk Satpol PP. Ini untuk pengamanan lebih teknis mengenai perparkiran dan seterusnya," ucapnya menambahkan. 

Di sisi lain untuk pelaksanaan salat subuh di hari Rabu (10/4/2024), nantinya akan melalui bagian belakang masjid. Mengingat bagian depan telah disterilkan bagi kalangan umum. 

"Nanti subuhnya kita salat subuh di wilayah belakang. Separuhnya Istiqlal itu kita pakai salat subuh, nah memang sudah tidak banyak lagi seperti biasanya," katanya. (*)