Pawai obor yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) berlangsung meriah, Selasa (9/4/2024) malam. Pawai ini diikuti sekitar 150 peserta terdiri dari anak-anak hingga emak-emak warga.

Foto ilustrasi

Tampak masyarakat sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat juga antusias ikut bergabung mengikuti kegiatan ini. Mereka mengenakan pakaian muslim serba putih sambil melantunkan takbir. 

"Pawai yang dimulai sekitar pukul 21.00 WIB itu berjalan tertib. Sementara sejumlah aparat kepolisian ikut mengawal dan mengamankan jalannya pawai," kata Koordinator pawai obor, Zamzam di lokasi, Selasa (9/4/2024).

"Para peserta berasal dari berbagai masjid di Kecamatan Matraman. Kita kumpulin dari satu wilayah biar mudah koordinasinya," ujarnya menambahkan. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, kegiatan pawai obor ini baru pertama kali digelar. Dia berharap, lewat kegiatan ini, Hari Raya Idulfitri bakal terasa semakin semarak.

"Untuk giat ini memang ini baru pertama ya, di tahun ini. Ini adalah bentuk kesyiar'an dari penyebutan jatuhnya 1 Syawal," ujar Saiful.

Saiful menjelaskan, rute pawai obor tidak terlalu jauh. Mulai dari pintu depan Istiqlal, mengitari rel, melewati gedung Pertamina, dan kembali lagi ke Masjid Istiqlal.

Selain itu, peserta pawai obor juga terbatas hanya anak-anak yang dikoordinir pihak Kemenag. "Ini kita batasi, kita tidak ingin ada hal-hal yang kurang baik, ini kita batasi dan anak anak yatim yang anak-anak remaja yang sudah kita siapkan," katanya.()