Lebih dari 30 juta Muslim dari seluruh dunia melaksanakan ibadah umrah sepanjang Ramadan tahun 2024. Ramadan merupakan puncak kedatangan jemaah umrah dari seluruh dunia.

Suasana pelataran Masjidil Haram yang dipenuhi jamaah i'tikaf saat sepuluh hari terakhir Ramadan pada 14 April 2023.

Jumlahnya semakin banyak pada 10 hari terakhir bulan mulia tersebut. Hal tersebut disampaikan Walid Basamad, pejabat lembaga negara yang bertanggung jawab atas Dua Tempat Suci Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

"Direktorat  berupaya keras dalam memastikan pelayanan berkualitas tinggi. Kepada seluruh jemaah umrah di Masjidil Haram," kata Walid seperti dilansir Reuters, Selasa (16/4/2024). 

Untuk mengatasi lonjakan jemaah dari seluruh dunia. Pemerintah Arab Saudi menerapkan berbagai langkah guna tetap menjaga kenyamanan beribadah.

Di masa awal Ramadan, otoritas haji dan umrah Saudi menerapkan aturan setiap jemaah hanya diizinkan melaksanakan satu kali umrah. Guna mengurai kepadatan.

Selain itu halaman sekeliling Kabah dan lantai dasar diperuntukkan bagi jemaah umrah. Pihak berwenang juga menerapkan pintu masuk dan keluar khusus di Masjidil Haram bagi jemaah umrah.  

Dengan begitu lingkup aktivitas jemaah umrah tak bercampur dengan pengunjung lainnya. Pihak berwenang juga mengimbau kepada warga Kota Makkah untuk tidak beribadah dulu di Masjidil Haram guna memberi kesempatan kepada jemaah asing.