Usaha rumahan produksi intip di Blok Tengah RT.004/ RW.002 Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon terbakar pada pukul 03.32 WIB, Minggu (21/4/2024).

Rumah Produksi Intip di Kedawung Kabupaten Cirebon Terbakar

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon, Eno Sujana mengatakan sekitar pukul 03.32 WIB Sektor Damkar Weru mendapat telepon dari seorang yang bernama Bayu melaporkan adanya musibah kebakaran yang menimpa rumah Produksi Intip milik Ibu Nengsiah.

"Sambil menunggu datangnya Unit Damkar kami menyarankan untuk memadamkan api dengan alat seadanya untuk mencegah menjalarnya api," katanya.

Disebutkan Eno,  mendapat laporan satu regu Damkar langsung meluncur menuju lokasi kejadian dan api sudah dapat dikendalikan dan tinggal melakukan pendinginan sekitar memeriksa areal Kebakaran untuk  memastikan tidak adanya api atau bara yang dapat menimbulkan musibah kebakaran kembali.

Ditambahkannya informasi yang didapat dilapangan, kejadian tersebut berawal dari aktifitas penggorengan intip nasi yaitu memanaskan minyak diatas wajan dengan menggunakan kompor gas, ketika menunggu panasnya minyak ditinggal dan  ketiduran.

"Diduga karena minyak terlalu panas hingga menimbulkan api pada minyak tersebut dan terjadi percikan api yang mengenai tumpukan kayu kering atau benda lainnya yang mudah terbakar," katanya.

Menurut Eno, api kemudian membesar dan menjalar mengenai atap rumah produksi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.08 WIB. Penyebab sementara diduga dari percikan api minyak goreng yang terlalu panas.

Material yang terbakar, tutur Eno, yakni peralatan produksi dan bahan lainnya yang mudah terbakar. Sedangkan perkiraan untuk luas yang terbakar adalah 10X5 M2 dan luas yang selamat 20X10 M2.Total luas bangunan 30X15 M2.

"Perkiraan kerugian mencapai Rp50 juta dan korban jiwa serta luka nihil," ujar Eno.(*)