PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat memberangkatkan sebanyak 957 pemudik dari ke berbagai daerah di pulau Jawa, dalam rangka mudik gratis Bersama BUMN. Keberangkatan Mudik Gratis bersama PLN dari wilayah Bandung Raya dilepas oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susianna Mutia di lapangan Parkir Stasiun Kiaracondong, Bandung, Jumat (5/4/2024).

PLN Jabar Berangkatkan 957 Pemudik Tujuan Pulau Jawa

Susiana mengatakan, bahwa program mudik gratis ini sudah pernah dilakukan sebelumnya pada Tahun 2023. Dan respon dari masyakarat pun sangat tinggi.

“Tahun lalu kami sudah memberangkatkan ratusan pemudik menggunakan bis, tahun ini animonya lebih banyak lagi karena menggunakan kereta api. Selain itu kami berharap melalui kegiatan ini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Raya sehingga membantu mengurangi emisi," ungkapnya, usai acara pelepasan.

Sementara itu, salah satu peserta, Winarno, yang akan berangkat bersama kedua anak dan istrinya ini, mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan mudik gratis tahun 2024.

“Saya sangat senang, saya dan keluarga saya akan mudik ke Purwosari, kami bisa berkumpul bersama keluarga besar di saat lebaran nanti,” ujarnya.

Perasaan yang sama juga dirasakan oleh Ruslan, pemudik dari Bandung yang memilih mudik gratis ke kota Solo menggunakan kereta api karena bebas macet.

“Rasanya ada kegiatan mudik seperti ini apalagi gratis. Semoga ke depannya tetap ada untuk mengurangi kemacetan di jalan. Terima kasih PLN untuk mudik gratis ini,” ujarnya.

Tahun 2024 ini, mudik gratis bersama BUMN yang dilaksanakan PLN UID Jawa Barat memberangkatkan 957 peserta mudik ke 2 Jalur mudik yaitu Bandung - Malang menggunakan kereta api Malabar dan Menggunakan kereta api Pasundan dengan rute Kiara Condong- Surabaya Gubeng.

Keberangkatan dari Bandung ke Malang dengan target 500 pemudik ini Dibagi menjadi 5 hari jadwal keberangkatan yakni tanggal 2 April (148 Penumpang), 3 April (128 Penumpang) 4 April (130 Penumpang) 5 April (50 Penumpang) dan 6 April (44 Penumpang). Sedangkan dari Bandung ke Surabaya keberangkatan ditanggal 5 April 2024 sebanyak 500 penumpang.

Acara mudik kali ini lebih menarik bagi peserta karena selain mendapatkan fasilitas mudik gratis, setiap peserta mudik mendapatkan mudik kit yang berisi kaos, snack, ta’jil, makan malam, perlindungan dengan asuransi perjalanan, dan bingkisan dari Rumah BUMN PLN. Bingkisan ini menarik karena diproduksi oleh UMKM yang dikelola oleh Rumah BUMN PLN Cirebon. Menurut Susiana, kerja sama tersebut bertujuan untuk memberdayakan UMKM sehingga produk UMKM makin dikenal masyarakat.(*)