Viral di Medsos, seorang anggota Satlantas Polres Subang, di rekam pemudik kemudian diunggah di akun instagram, saat melaksanakan Sholat Magrib di bahu jalan tol Cipali, ditengah padatnya arus kendaraan pemudik.

Anggota Satlantas Polres Subang Aipda Jajang Thomas sedang menjalankan salat Magrib di bahu jalan Tol Cipali. 

Belakangan diketahui Anggota Satlantas Polres Subang tersebut, yakni Aipda Jajang Thomas. Meski ditengah kesibukannya mengatur arus lalu lintas di ruas tol Cipali bertepatan dengan hari H Lebaran idul fitri 1445 Hijriyah, Rabu (10/4/2024), namun bagi Aipda Jajang Thomas selalu menyempatkan diri untuk melaksanakan shalat lima waktu, walau ditempat tugas sekalipun, seperti saat menjalankan tugas negara yaitu, Operasi Ketupat Lodaya 2024.

"Sebagai seorang muslim, shalat lima waktu sudah menjadi kewajiban setiap muslim, dimanapun kita berada dan bertugas, ketika panggilan sholat lima waktu sudah tiba, maka semua aktifitas keduniawian harus ditinggalkan sejenak. Tetapi kewajiban menjalankan tugas negara juga tidak boleh kita abaikan, karena sama-sama menjalankan ibadah, terlebih saat melayani masyarakat pemudik, yang akan menemui orang tua dan keluarganya di kampung halaman," ujar Aipda Jajang kepada wartawan di Subang, Kamis (11/4/2024).

Maka dari itu, lanjut Jajang, selama melaksanakan tugas mengatur lalu lintas di ruas Tol Cipali, selalu melaksanakan shalat lima waktu di bahu jalan.

"Karena kita juga tidak bisa meninggalkan tugas negara, dalam operasi ketupat lodaya 2024, yaitu mengatur kelancaran arus lalu lintas, terpaksa kita bergantian dengan anggota Polri yang beragama islam, untuk menjalankan sholat lima waktu itu," terangnya.

Jajang juga tidak pwrnah menyangka ada yang merekamnya,  saat melaksanakan sholat lima waktu itu. Sehingga videonya viral di media sosial (Medsos).

"Mudah-mudahan video tersebut bisa bermanfaat, dan memotivasi warga lainnya, termasuk seluruh anggota polri yang lainnya, yang beragama islam, untuk selalu menyempatkan diri melaksanakan perintah Allah SWT, dan tidak meninggalkannya di tengah kesibukan apapun," tukas Jajang.

Menanggapi anggotanya yang viral di medsos, yang sedang khusu melaksanakan sholat lima waktu di bahu jalan tol Cipali, Kasat Lantas Polres Subang AKP Undang Syarif Hidayat mengapresiasi, sekaligus menyatakan kebanggaannya terhadap anggotanya yang tak pernah meninggalkan kewajibannya sholat lima waktu, di tengah kesibukan menajalankan tugas mengatur lalu lintas kendaraan pemudik.

"Tidak sedikit anggota saya itu, meski di tengah kesibukannya menjalankan tugas pengamanan mudik, namun tidak pernah meninggalkan kewajibannya sholat yang lima waktu itu, walaupun harus sholat di bahu jakan tol," ucap AKP Undang.

Undang juga menyatakan, sebagai abdi negara, sudah saharusnya menjalankan apa yang menjadi kewajiban setiap anggota Polri, yang termaktub dalam Tribrata dan Catur Prasetya Polri. 

"Hampir seluruh anggota Satlantas Polres Subang, yang beragama islam, tetap rajin menjalankan ibadah sholat lima waktu, sekalipun harus sholat berlantaikan aspal di bahu jalan Tol Cipali," tukasnya.(*)