BMKG memprediksi sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim) mengalami cuaca ekstrem terjadi saat libur Lebaran Idulfitri. Prediksi itu terjadi hingga 18 April 2024.

Libur Lebaran, BMKG Prediksi Jatim Dilanda Cuaca Ekstrem

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Juanda, Taufiq Hermawan mengimbau masyarakat senantiasa waspada. Yakni terhadap dan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

"Saat ini sebagian besar wilayah Jatim masih berada pada masa peralihan atau pancaroba, dari musim hujan menuju musim kemarau. Masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama periode lebaran," ujar Taufiq.

Taufiq menjelaskan, cuaca Jatim pada satu hingga dua hari ke depan, termasuk saat Lebaran cenderung cerah dan berawan. Hujan diprakirakan berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari.

Sejumlah wilayah itu antara lain Malang, Kota Batu, Nganjuk, Jember, Sampang, Pamekasan, Situbondo, Tulungagung, hingga Trenggalek. "Masyarakat agar mengantisipasi terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem," ujarnya.

"Seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang. Serta berkurangnya jarak pandang."