Breaking News
---

Cuaca Panas, BMKG Imbau Masyarakat Batasi Keluar Rumah

BMKG meminta masyarakat untuk tidak menganggap remeh cuaca panas yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Meskipun suhu tertinggi sampai saat ini ada di kisaran rata-rata berkisar 35,6 derajat celcius.

Cuaca Panas, BMKG Imbau Masyarakat Batasi Keluar Rumah

Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto mengingatkan, tingginya suhu panas di siang hari bisa mencapai 36 37 derajat celcius. Suhu tersebut sudah bisa membakar kulit dan membahayakan kesehatan. 

Karena itu, ia mengimbau agar masyarakat mengindari keluar rumah di siang hari untuk meminimalkan waktu terkena paparan matahari secara konstan antara pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. 

"Jadi kami berharap kalau keluar, di luar rumah menggunakan sunscreen atau sunblock. Atau kalau lama di luar rumah bisa menggunakan payung ya," kata Guswanto, Jumat (3/5/2024).

Kemudian, ia juga menyarankan masyarakat berpakaian warna terang yang bisa memantulkan matahari. "Selalu jaga kesehatan dengan mengurangi dehidrasi, bawa air minum, perbanyak minum air putih, karena apabila terjadi panas suhu tubuh kita itu merespon," ujarnya.

Selain itu, Guswanso juga berpesan agar masyarakat selalu mengupdate informasi tentang suhu panas terik harian di kanal resmi BMKG. "Bisa juga melalui call center 196 ada di website bahkan ada di telepon pintar BMKG supaya menghindari hoax," katanya lagi.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan