Breaking News
---

Hasil Piala Asia U-23 2024 Irak vs Indonesia: Sempat Unggul, Garuda Muda Gagal Rebut Peringkat 3

Timnas U-23 Indonesia menelan kekalahan 1-2 dari Irak di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) malam. Hasil ini membuat Singa Mesopotamia (juluka Irak) meraih peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Garuda Muda mampu mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-18. Tendangan jarak jauh Ivar Jenner merobek gawang Irak dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Setelah itu, Irak bisa menyamakan skor pada menit ke-28. Memanfaatkan skema sepak pojok berujung kemelut, bek Zaid Tahseen menanduk bola di mulut gawang.

Gol ini sempat dicek VAR, tapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Skor menjadi imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Di babak kedua, Irak lebih banyak keluar menekan lini pertahanan Garuda Muda dan mendapat peluang berbahaya di menit ke-47. Ali Jassim berhasil mendapat bola di kotak penalti dan mencoba melepaskan tembakan namun masih bisa diblok Muhammad Ferarri.

Nathan Tjoe A On berhasil melakukan penyelamatan gemilang di garis gawang Indonesia pada menit ke-73. Tendangan mendatar Nihad Mohammed ke arah gawang yang kosong berhasil disapu Nathan.

Garuda Muda mendapat kesempatan emas mencetak gol kemenangan pada menit ke-83. Rafael Struick berhasil menembus sisi kiri pertahanan dan melepaskan umpan silang mendatar.

Witan Sulaeman sudah terlewat namun masih mampu menyebtuh bola lewat tumitnya. Akan tetapi bola masih bisa ditepis dan kemudian ditangkap kiper Irak.

Ernando Ari membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-91 ketika menepis bola sepakan pemain Irak. Tak ada gol tambahan lagi dan skor 1-1 bertahan, sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time 2x15 menit.

Gawang Indonesia kebobolan pada menit ke-96. Ali Jasim yang lolos dari kawalan pemain belakang Indonesia melepaskan sepakan keras yang gagal diantisipasi Ernando Ari, membuat Irak berbalik unggul 1-2.

Hasil Piala Asia U-23 2024 Irak vs Indonesia: Sempat Unggul, Garuda Muda Gagal Rebut Peringkat 3

Di babak kedua perpanjangan waktu, Indonesia masih kesulitan menembus pertahanan Irak. Dalam situasi tertinggal, serangan yang dibangun Indonesia kerap terburu-buru dan tidak berjalan sesuai rencana.

Hal ini membuat Garuda Muda gagal mencetak gol penyeimbang, sehingga skor 1-2 untuk kemenangan Irak bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Irak berhasil menduduki peringkat tiga Piala Asia U-23 dan mengamankan satu tiket ke putaran final Olimpiade 2024.

Timnas U-23 Indonesia masih memiliki satu kesempatan untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Anak asuh Shin Tae-yong harus menang melawan Guinea pada partai playoff di Paris 9 Mei mendatang.

Susunan pemain

Irak: Hussein Hasan; Mustafa Saadoon, Zaid Tahseen, Josef Al-Imam, Ahmed Hasan; Nihad Mohammed, Karrar Mohammed (Zaid Ismael 90’), Muntadher Mohammed, Ali Jasim; Ridha Fadhil (Amin Al-Hamawi 90’), Blnd Azad (Muntadher Abdulameer 67’)

Pelatih: Radhi Shenaishil

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On; Ilham Rio Fahmi (Fajar Fathur Rahman 79’), Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer (Komang Teguh 79’)

Pelatih: Shin Tae-yong (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan