Breaking News
---

Kemenkes: Pembuluh Darah Jadi Pembiayaan Terbesar BPJS Kesehatan

Pemerintah menyatakan bahwa pembiayaan terbesar yang ditanggung BPJS Kesehatan saat ini adalah penyakit pembuluh darah. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono. 

Kemenkes: Pembuluh Darah Jadi Pembiayaan Terbesar BPJS Kesehatan

“Kasus penyakit jantung sendiri di indonesia semakin lama semakin meningkat. Itu paling besar, lebih dari Rp10 triliun pembiayaan yang digunakan untuk penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah sepert jantung dan stroke,” kata Dante di Jakarta, Senin (6/5/2024). 

Dante mengatakan, pembiayaan itu dapat dihemat apabila penggunaan lemak trans diatur. “Ini bisa dicegah dengan melakukan regulasi, bayangkan kalau bisa menghemat sekian triliun rupiah untuk pembiayaan kesehatan kalau regulasi ini bisa diterapkan,” ujarnya. 

Dalam sambutannya, Dante bercerita mengenai sebuah gebrakan yang dilakukan pemerintahan Denmark pada 2003. Ia menyebut Denmark sebagai salah satu negara maju karena berhasil menurunkan angka kematian penyakit jantung. 

“Denmark menjadi negara pertama yang melarang asam lemak trans di ranah industri sejak tahun 2003, sudah 20 tahun lalu. Sebelum ada larangan, angka kematian akibat penyakit jantung sangat tinggi di  Denmark, maka pemerintah disana membatasi penggunaan asam trans lemak,” ujar Dante. 

“Sepuluh tahun setelah itu, angka penyakit jantung di Denmark turun 20 persen, tanpa ada intervensi apapun. Lemak trans ini membuat peningkatan LDL dan menurunkan HDL,” kata Dante menambahkan. 

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan