Breaking News
---

Mendagri Serahkan DP4 ke KPU Untuk Pilkada Serentak

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Adapun DP4 tersebut diserahkan untuk keperlukan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 mendatang.

Mendagri Serahkan DP4 ke KPU Untuk Pilkada Serentak

"Menyerahkan DP4 untuk Pilkada Serentak. Berlangsung pada 27 November 2024 mendatang," ucapnya di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Tito menyebutkan DP4 ini diambil dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mereka yang masuk ke dalamnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih berdasarkan usia.

Secara khusus telah berusia 17 tahun pada 27 November 2024 mendatang dan bukan anggota TNI atau Polri. Total jumlahnya kata dia mencapai 207.110.768 jiwa.

"Dengan rincian laki-laki 103.228.748. Sedangkan wanita sedikit lebih banyak 103.882.020 jiwa," katanya.

Lebih lanjut Tito menegaskan penyerahan DP4 ini merupakan tanggung jawab dari pemerintah dalam mendukung pelansakaan Pilkada. Namun sifatnya kata dia dinamis seiring dengan perubahan status kematian, pindah alamat, maupun yang masuk menjadi anggota TNI atau Polri.

"Otomatis tidak punya hak pilih. Kemudian sambil jalan dengan KPU, KPU melakukan verifikasi, validasi, sinkronisasi berdasarkan basis data yang lain DPT dan kami akan terus jalan juga memberi input," katanya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan