Breaking News
---

Oknum Sebabkan Lahan dan Bangunan di Sampiran Terbakar

Regu 3 Damkar Sektor Sumber dan Weru, dibantu mandor desa dan Babinsa Sampiran serta warga sekitar bahu membahu memadamkan api yang membakar lahan dan bangunan di Blok Kaligandu RT.02 RW.04  Desa Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Minggu (5/5/2024).

Oknum Sebabkan Lahan dan Bangunan di Sampiran Terbakar

"Tiba dilokasi terkendala oleh akses jalan yang tidak dapat dilalui oleh unit pemadam dan keterbatasan Slang atau pipa untuk menjangkau lokasi yang diperkirakirakan sejauh 130 meter dari badan jalan, sehingga meminta bantuan dari Sektor Damkar Wilayah Weru untuk penambahan slang dan ketersediaan pasokan air," kata Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Cirebon, Eno Sujana.

Menurut Eno, keterangan warga sekitar, api berasal dari oknum yang membakar  sampah dan faktor angin yang kencang hingga  merembet ke rumpun bambu. Api bertambah besar kemudian merembet ke bangunan gudang kosong. 

Ia apresiasi terhadap respon cepat warga yang berupaya memadamkan api dengan 3 buah APAR dan alat seadanya.  Tetapi karena kencannya angin sehingga api  bertambah besar dan sulit dipadamkan maka mereka gerak cepat untuk melapor ke Damkar Sektor Sumber.

Eno menyebutkan dalam memadamkan api dibutuhkan 2 slang besar sepanjang 40 Meter  dan 4 slang kecil sepanjang 120 Meter.

Sementara untuk luasan bangunan dan lahan yang terbakar di perkirakan -+636m² dan luas yang terselamatkan -+810m², yang mana luas total bangunan -+1.446m².

"Alhamdulillah api dapat di padamkan , sektor Sumber dan sektor Weru kembali ke pos jaga masing- masing," katanya.

Material yang Terbakar meliputi tumpukan sampah, rumpun Bambu dan bangunan yang terbuat dari bahan kayu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Perkiraan kerugian belum diketahui," ucapnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan