Breaking News
---

Pemerintah akan Relokasi Seluruh Warga Pulau Ruang

Pemerintah akan merelokasi seluruh warga di Pulau Ruang imbas bencana erupsi Gunung Ruang. Gunung yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, tersebut nantinya akan menjadi kawasan konservasi.

"Di Gunung Ruang karena mau dikosongkan yang diprioritaskan adalah relokasi ada 301 KK yang harus direlokasi. Tanahnya sudah ada, sekarang lagi dicek oleh Pak AHY (Agus Harimurti Yudhoyono Menteri ATR/BPN)” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dalam keterangannya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Basuki pun menyebut, pihaknya menyiapkan 301 unit Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) bagi masyarakat yang direlokasi. Menurutnya, bangunan RISHA memiliki kelebihan mudah dan cepat untuk dibangun.

"Kami punya stok (RISHA) di Medan, Jakarta, Surabaya, dan Manado. Disana ada 100 (unit) stok, nanti dari Surabaya kita angkut 210 stok," ujarnya.

Nantinya bangunan tersebut akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Kabupaten ini dipilih pemerintah untuk menjadi tempat relokasi masyarakat Pulau Ruang.

"(Relokasi) Permanen karena di Gunung Ruang itu harus kosong. Itu jadi wilayah konservasi," ucapnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan