Breaking News
---

SEKDA KARAWANG BUKA RAKERDA KBPP TAHUN 2011

Sebagai salah satu program pembangunan nasional, Program KB dan Pemberdayaan Perempuan mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan manusia sejahtera disamping program pendidikan dan kesehatan dan sukesnya KB harus ditunjang dengan faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah adanya hubungan sinergi antara Pemerintah, pihak swasta dan masyarakat itu sendiri, demikian yang di katakan Bupati Karawang Drs. H. Ade Swara dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Sekda Ir. Iman Sumantri, saat pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) BKBPP Kabupaten Karawang Tahun 2011 di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang, Rabu, (27/4) 

Dalam Laporannya Kepala BKBPP Kabupaten Karawang Abdul Hamid, menginformasikan bahwa pelaksanaan Rakerda ini adalah berdasarkan surat dari BKKBN provinsi Jawa Barat dimana tujuan dari Rakerda adalah untuk memberikan kontribusi kepada Terwujudnya Keluarga Berkualitas dan kesetaraan kaum wanita dengan pria dalam perannya pada pembangunan dalam rangka mendukung Pencapaian Visi Kabupaten Karawang Yaitu “ Karawang Sejahtera berbasis Pembangunan berkeadilan dilandasi Iman dan Taqwa”, dan juga Meningkatkan aksesbilitas masyarakat tehadap Pelayanan KB dan KR, Meningkatkan Upaya-upaya Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Meningkatkan Pelembagaan dan Pencitraan Prograam KB, Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan, Meningkatkan akses pemberdayaan ekonomi bagi perempuan sebagai kepala keluarga, Menghapus Perdagangan Orang (khususnya perempuan dan anak) dan KDRT, Perlindungan dan Pengembangan Hak-hak Anak. Thema pada Rakerda ini adalah : ” 2 Juta Penduduk Kabupaten Karawang Kita Kendalikan melalui Gerakan Memantapkan Lini Lapangan Rancage (Gumelar)”
 
Dalam sambutannya kepala BKKBN Provinsi Jawa Barat Drs. H. Rukman Heryana, MM mengatakan dirinya merasa bangga bahwa Kabupaten Karawang merupakan Kabupaten di Jawa Barat yang sukses dengan prgram KB, Rukman juga menambahkan bahwa dalam suatu daerah yang bisa dikatakan maju bisa dilihat dari income perkapitanya tinggi, apabila income perkapitanya tinggi maka IPM akan naik dan bisa dikatakan sejahtera, sejahteranya masyarakat bisa dinilai dari Pendidikan, Kesehatan dan ekonominya. Didaerah yang bagus dan baik serta sejahtera bisa menekan laju pertumbuhan penduduk, karena apabila masyarakatnya masih ada yang kawin diusia muda, perkawinan antara miskin dan miskin maka dengan sendirinya akan terciptanya kemiskinan baru ucapnya. 

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Karawang Drs. H. Ade Swara, MH menegaskan kembali bahwa Program KB sangat penting, karena ini akan sejalan dengan visi Kabupaten Karawang Karawang Sejahtera berbasis Pembangunan berkeadilan dilandasi Iman dan Taqwa” Lebih lanjut Sekda mengatakan bahwa Pengendalian pertumbuhan dan jumlah penduduk, jelas memilki implikasi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan ekonomi.  

Pertumbuhan ekonomi tidak akan berjalan jika tidak didukung oleh Sumber Daya Manusia yang memadai. Sebaliknya pembangunan kualitas sumber daya manusia juga tidak akan tercapai tanpa dukungan pertumbuhan ekonomi. Demikian pula pertumbuhan ekonomi dan pembangunan kualitas sumber daya manusia sulit terlaksana jika jumlah penduduk tidak terkendali.

Situasi dan kondisi kependudukan di Kabupaten Karawang merupakan fenomena yang memerlukan perhatian dan penanganan secara seksama, lebih sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintah untuk menangani masalah kependudukan ini adalah dengan mengendalikan jumlah penduduk dan meningkatkan kualitasnya. Hal ini antara lain dilakukan dengan menggalakan dan meneguhkan kembali Program Keluarga Berencana. Sisi lain yang masih perlu diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang juga adalah tentang Pemberdayaan Perempuan yang diantaranya memuat Hak-hak Azasi perempuan, perlindungan perempuan dan Anak, karena disinyalir bahwa di Kabupaten Karawang ini masih kerap terjadi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), eksploitasi terhadap anak, dan perdagangan orang (Trafficking)

Hadir dalam kesempatan rakerda KB antara lain Perwakilan Dandim 06/04 Karawang, Perwakilan Kapolres, Jumlah peserta 160 orang diantaranya adalah Kepala Bagian di lingkup Setda, Kepala OPD, Para Camat, PKK, Dharma Wanita, GOW, Kepala Puskesmas, Fatayat NU, Para Mahasiswa, dll.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan