Breaking News
---

Bahasa Indonesia Makin Penting di Percaturan Internasional

Jakarta -PELITAKARAWANG.COM . - Posisi Indonesia di kancah global semakin penting.Di bidang ekonomi, Indonesia menempati 16 besar kekuatan ekonomi dunia dan masuk kelompok G-20.

Pada 2030 Indonesia diperkirakan menempati tujuh besar ekonomi dunia.Karena itu, peran sosial, politik, dan budaya termasuk bahasa Indonesia juga akan semakin berpengaruh secara global.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta agar memperkuat peran bahasa Indonesia di percaturan internasional.
Dia mengatakan, bahasa Indonesia tidak hanya sekedar digunakan sebagai bahasa lokal saja, tetapi untuk berinteraksi dengan bahasa dunia.

"Bukan berarti Indonesia mau menjajah dunia. Justru ingin memberi makna positif dalam kemajuan umat," katanya.

Mendikbud mengemukakan hal tersebut saat membuka Kongres Bahasa Indonesia X akhir Oktober.

Kongres pada 28-31 Oktober ini mengambil tema "Penguatan Bahasa Indonesia di Dunia Internasional".

Mendikbud menyampaikan cara untuk memperkuat bahasa Indonesia adalah dengan memupuk kecintaan terhadap bahasa Indonesia, memperkuat guru bahasa Indonesia, dan memperbanyak ruang-ruang ekspresi seperti menampilkan puisi, drama, dan teater.

Kerja sama yang tidak kalah penting menurut Menteri adalah dengan lembaga-lembaga bahasa dunia seperti British Council, Centre Culturel  Francais (CCF) Perancis, dan Goethe Institut Jerman.

Mendikbud menyebutkan, saat ini bahasa Indonesia memiliki jumlah penutur terbesar keempat dunia karena jumlah penduduk Indonesia sebanyak 240 juta dari 7,2 miliar penduduk dunia.

Bahasa Indonesia, lanjut Mendikbud, juga dipelajari di 45 negara. 

"Oleh karena itu, kita ingin mendorong terus agar bahasa Indonesia bisa dipelajari dan dikenalkan di berbagai negara," katanya.

Mendikbud menambahkan, saat ini telah dilakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di dunia untuk mendirikan pusat-pusat pembelajaran bahasa Indonesia misalnya dengan China, Australia, dan Jerman. @antara.

Redaksi 2013 E Mail : pelitakarawang@gmail.com - redaksipelitakarawang1@gmail.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan