Efek kemunculan penyakit COVID-19, kini muncul masalah baru yang menyerang anak-anak, kondisi itu mirip dengan penyakit Kawasaki. Sebanyak 73 anak di New York dirawat di rumah sakit dengan gejala radang serius dan mengancam nyawa.
Hal ini mengkhawatirkan banyak orangtua. Bahkan, menurut Gubernur New York Andrew Cuomo, para orangtua mesti waspada ekstra akan penyakit ini.
"Kemunculan penyakit ini adalah mimpi buruk bagi setiap orangtua," kata Gubernur Cuomo, menurut laporan New York Post. Pernyataan ini disampaikannya selagi konfrensi pers kasus kematian anak berusia 5 tahun pada Kamis 7 Mei 2020.
Pejabat kesehatan setempat pun memperingatkan penyedia kesehatan mengenai kemungkinan hubungan antara virus misterius dengan penyakit Kawasaki. Fakta menarik dari kasus ini adalah dari hasil tes pasien, diketahui tubuh mereka positif COVID-19 atau mengandung antibodi yang melawan COVID-19.
Di sisi lain, Dr Leonard Krilov, ketua pediatri di NYU Winthrop Hospital di Long Island, menjelaskan, masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti apakah kasus-kasus COVID-19 memiliki keterikatan dengan penyakit Kawasaki. "Itu kenapa kami masih mengatakan penyakit ini mirip Kawasaki," terangnya.
Krilov yang juga dokter spesialis anak itu pun menambahkan, kasus penyakit misterius ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, dari kasus ini dirinya merasa ada informasi baru yang menarik untuk memberi tahu banyak tentang COVID-19 pada anak-anak yang bisa dikatakan minim terjadi.
"Virus ini memberi tahu kami sesuatu tentang COVID-19 dan bagaimana tubuh merespons pada usia yang berbeda," ungkapnya. Krilov sendiri diketahui merawat beberapa pasien COVID-19 pada anak-anak yang mirip dengan Kawasaki.
Penyakit Kawasaki sendiri merupakan penyakit langka yang terjadi pada masa kanak-kanak. Penyakit ini berpotensi fatal karena menyebabkan dinding pembuluh darah di tubuh meradang.**oke